People Innovation Excellence

Pentingnya Sekolah Berbasis Manajemen – Kewirausahaan [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Pakar lain menetapkan  11 karakteristik sekolah yang efektif , yaitu: (i) adanya kepemimpinan profesional; (ii) berbagi wawasan dan tujuan, (iii) lingkungan belajar yang kondusif; (iv) fokus pada proses belajar mengajar; (v) mengajar dengan tujuan; (vi) memiliki harapan keberhasilan yang tinggi; (vii) memberi penguatan positif , (viii) memantau kemajuan, (ix) memperhatikan hak dan kewajiban para siswa, (x) adanya hubungan harmonis antara rumah-sekolah  dan organisasi sekolah; dan (xi) adanya kesediaan belajar. Dari perspektif pekerjaan keadministrasian  – berdasarkan hasil survei –maka yang harus dilakukan di sekolah , yaitu: (i) para administrator harus memiliki komitmen yang kuat untuk memperbaiki kinerja sekolah, (ii) para administrator perlu memastikan bahwa kinerja akademik siswa mencapai standar yang baik dalam setiap tes, (iii) para administrator harus mampu melibatkan orang tua dan partisipasi masyarakat terhadap program dukungan yang dirancang untuk pengembangan sekolah, dan (iv) para administrator harus melakukan upaya untuk menjamin lulusan sekolah memiliki kualitas yang baik. Disamping itu,manajemen-administrasi sekolah yang efektif memiliki beberapa fitur sebagai berikut: bahwa semua pihak seyogyanya berkomitmen untuk kemajuan sekolah; siswa berkembang dengan baik dalam kinerja akademik mereka, dan dalam hal ini sekolah dan masyarakat bekerja sama dengan baik dalam upaya  mewujudkan tujuan sekolah, dan lulusan sekolah memiliki kualitas yang baik dalam memenuhi persyaratan  kerja atau pendidikan lanjutan.

Dengan demikian terdapat sejumlah aspek yang diperlukan dalam  mengkarakterisir sekolah yang efektif, yaitu: (i) adanya komitmen yang kuat terhadap kepemimpinan profesional, visi dan misi sekolah, serta lingkungan belajar dan organisasi yang kondusif dan baik, ( ii ) prestasi siswa di bidang akademik dengan berfokus pada proses belajar mengajar, mengajar dengan tujuan, dan pemberian penguatan positif, ( iii ) adanya dukungan masyarakat; hubungan yang kuat antara sekolah dan orang tua dalam memantau kemajuan sekolah secara berkelanjutan , dan ( iv ) kualitas lulusan ; hak dan tanggung jawab siswa , dan harapan keberhasilan yang tinggi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close