People Innovation Excellence

Pentingnya Sekolah Berbasis Manajemen – Kewirausahaan [Bagian 7]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dengan demikian, penting bagi kepala dan wakil kepala sekolah untuk memiliki kompetensi profesional agar dapat menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan. Selaku administrator, para pemimpin sekolah perlu memenuhi kewajiban dalam mengembangkan sekolah sebagai sebuah organisasi, dan mengembangkan individu-individu dalam organisasi tersebut, sebagai peran utamanya dalam memastikan efektivitas sekolah. Masyarakat menaruh harapan besar kepada sekolah – kasus-kasus belakangan ini tentu sangat mengecewakan masyarakat – untuk menghasilkan siswa yang berkualitas yang memiliki pengetahuan, “bermoral”  serta terampil. Para pimpinan sekolah seyoyanya memiliki kemampuan profesional, memiliki ketegasan dan bertujuan untuk mengelola sekolah, mengingat tidak semua orang memiliki gaya berpikir dan praktek yang tepat dalam memecahkan berbagai masalah, disebabkan kurangnya kesadaran diri. Para administrator sekolah, seperti kepala dan wakil kepala sekolah, mereka diminta untuk melakukan praktik-praktik kepemimpinan terbaik, menjaga visi-misi sekolah, memiliki kompetensi dan sekaligus meningkatkan kualitas staf pimpinan untuk menciptakan sekolah yang efektif. Guna mencapai aspirasi ini, para administrator harus mengatasi kelemahan dalam kepemimpinannya dan bertanggung jawab untuk memimpin sekolah dengan mempraktekkan kebiasaan wirausahawan yang sukses agar sekolah yang efektif dapat diaktualisasikan. Oleh karena itu, dua pertanyaan yang perlu diajukan adalah: apakah penggunaan manajemen-wirausahawan sukses telah dipraktikan dengan baik, dan dari perspektif admnistrator, adalah apakah praktik-praktik tersebut sudah terkait dengan efektivitas sekolah, dan pertanyaan berikutnya adalah, seberapa jauh penggunaan praktik-praktik terbaik (best practices) wirausahawan sukses benar-benar telah berkontribusi  terhadap efektivitas sekolah .


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close