People Innovation Excellence

Pentingnya Sekolah Berbasis Manajemen – Kewirausahaan [Bagian 9]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Para administrator harus selalu memiliki konsep sekolah yang efektif dalam benak mereka ketika mereka menjalankan tugasnya, karena konsep ini mengacu pada sekolah yang mampu mengoptimalkan semua masukan dan proses belajar-mengajar untuk menghasilkan para lulusan sekolah yang berkualitas, yang mengartikulasikan kinerja sekolah, terutama prestasi akademik yang ditandai oleh dimimilikinya semua kompetensi yang diinginkan dalam proses  belajar-mengajar. Praktik wirausahawan yang sukses berkontribusi besar terhadap sekolah yang efektif, sebagaimana temuan dari penelitian para pakar,  dimana para administrator dituntut memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat, harapan yang tinggi akan prestasi akademik siswa, serta berfokus pada keterampilan dasar siswa yang baik ,dan menyelenggarakan sekolah dengan iklim yang sehat. Para administrator sekolah dapat mereplikasi model wirausahawan sukses ini dalam mengelola organisasi sekolah, dengan bertindak sebagai wirausahawan sukses yang seharusnya. Individu yang mampu mengadopsi praktik-praktik wirausahawan yang sukses dalam mengelola sekolah, seperti mampu melakukan analisis dan sintesis teori, konsep, fakta dan jadwal, akan mampu untuk bekerja dan membentuk sekolah yang efektif. Singkatnya, kepala sekolah yang memiliki karakteristik dan pola pikir wirausahawan sukses  akan mampu memicu dan menciptakan kegiatan yang sangat baik yang akan diterapkan di lembaga pendidikan atau sekolah.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close