People Innovation Excellence
 

Selintas Dinamika Organisasi Nirlaba [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Pada hakekatnya, suatu organisasi dapat dimaknai sebagai suatu entitas sosial:

  • Yang tediri atas individu dan kelompok serta keberadaannya dimaksudkan sebagai wahana interaksi antar manusia;
  • Yang perilakunya senantiasa terarah pada suatu tujuan tertentu yang merupakan perwujudan dari alasan berdirinya organisasi tersebut;
  • Yang mengandung suatu sistem yang terkoordinasikan secara rasional agar mampu meraih suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya; dan
  • Yang memiliki rambu-rambu pembatas yang relatif teridentifikasi secara jelas dan dapat menentukan unsur-unsur mana saja yang termasuk bagian atau bukan bagian dari suatu organisasi.

Di samping itu, organisasi pun dapat dipilah menjadi dua jenis, yakni: organisasi laba (lazim disebut sektor bisnis) dan organisasi nirlaba (lazim disebut sektor publik). Kepemilikan sektor publik maupun sektor bisnis bisa saja dikuasai atau dimiliki oleh negara (state owned), kalangan swasta (private owned), atau bauran diantara keduanya (hybrid).

Sektor bisnis dapat menjalankan aktivitasnya sebagai produsen barang  dan/ atau jasa, atau melaksanakan fungsi keperantaraan (perdagangan dan/ atau fasilitasi) barang dan/ atau jasa. Sedangkan sektor publik lazimnya menjalankan aktivitas sebagai fasilitator jasa semata.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close