People Innovation Excellence
 

Selintas Dinamika Organisasi Nirlaba [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam menawarkan berbagai jasa (services), baik ditinjau dari perspektif kuantitas maupun kualitas, maka kinerja sektor publik akan ditentukan oleh dinamika ketiga faktor-faktor berikut ini: kompetensi kelompok manajemen, potensi personil pelaksana, dan jangkauan masyarakat atau pasar yang dilayaninya.

Dengan demikian, pencapaian tujuan sektor publik yang merupakan pencerminan dari visi dan misi yang diembannya, akan tergantung pada:

  • Transaksi eksternal antara kelompok manajemen dengan masyarakat individual dan organisasional (external social marketing);
  • Transaksi internal antara kelompok manajemen dengan personil pelaksana pada setiap jenjangnya (internal social marketing); dan
  • Relasi eksternal antara personil pelaksana dengan masyarakat individual dan organisasional (interactive social marketing).

Pada umumnya terdapat tiga hipotesis yang menyiratkan adanya perbedaan antara sektor publik dengan sektor bisnis, dimana sektor publik lebih bersifat: birokratis, non materialistis, dan kurangnya rasa memiliki (sense of belonging) dari para pelakunya. Bahkan hingga saat ini masih terdapat beberapa isu kritikal yang menjadi bahan perdebatan intensif, yaitu: lingkungan yang cenderung lebih kompleks, labil, tanpa tekanan kompetisi yang memotivasi Sumber Daya Manusia (SDM), baik kelompok manajemen maupun personil pelaksana, tujuan yang berubah-ubah dan sangat variatif.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close