People Innovation Excellence

Kepemimpinan Nasional Bermoral [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Kepemimpinan bermoral atau beretika adalah suatu cara  memimpin  dengan menghormati hak dan martabat orang lain.  Sebagai seseorang yang memiliki kekuasaan sosial, para pemimpin beretika akan  berfokus pada bagaimana mereka menggunakan kekuasaan sosial mereka untuk membuat suatu keputusan, dan melibatkan tindakan mereka yang mempengaruhi orang lain. Pemimpin yang beretika menunjukkan tingkat integritas yang tinggi untuk menumbuhkan rasa kepercayaan dalam memimpin, sehingga masyarakat atau para pengikut dapat menerima visi dan misi para pemimpinnya. Hal ini merupakan aspek sangat penting yang terkait langsung dengan kepemipinan beretika. Integritas pemimpin memberikan dasar bagi karakter pribadi untuk mengarahkan keyakinan seorang pemimpin beretika, nilai-nilai, dan pengambilan keputusannya. Nilai-nilai dan keyakinan seseorang akan mempengaruhi kualitas keputusan etikseorang pemimpin.Lebih jauh lagi, tugas pemimpin termasuk bertanggung jawab untuk memastikan adanya standar perilaku moral dan etika. Dengan demikian, seorang pemimpin  yang beretika adalah seorang yang  berorientasi dan juga menyadari  tentang bagaimana dampak dari pengambilan keputusan mereka terhadap orang lain. Mereka akan menggunakan kekuatan sosial yang dimilikinya  untuk melayani kebaikan dan kepentingan yang lebih luas ketimbang kepentingan melayani diri sendiri.Dalam penyelenggaraan negara dan organisasi lainnya kepemimpinan bermoral atau beretika adalah sangat penting.  Memang untuk para kalangan pemimpin bisnis, mereka dituntut untuk membuat suatu keputusan yang akan menguntungkan mereka, namun  mereka juga harus memikirkan bagaimana orang lain juga akan terpengaruh. Para pemimpin terbaik sering dikenal dengan nilai dan etika yang tercermin dalam gaya dan tindakan kepemimpinannya. Mereka akan mengkomunikasikan informasi yang lengkap dan akurat berkaitan dengan kewajiban pribadi, profesionalisme, etika, atau hukum yang perlu dilakukan. Dengan demikian, mereka akan mendapatkan rasa hormat, respek, dan rasa puas dari para pengikutnya,  ketika  mengetahui bahwa para pemimpin mereka melakukan sesuatu hal yang benar.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close