People Innovation Excellence

Kepemimpinan Nasional Bermoral [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Pengambil keputusan harus mengevaluasi hasil keputusan agar dapat  meningkatkan proses dan hasil keputusan yang lebih baik di masa depan.Pengambilan keputusan dapat dianggap sebagai proses kognitif manakala dilakukan pemilihan suatu tindakan dari sejumlah skenario alternatif. Pengambilan keputusan melibatkan beberapa langkah, termasuk penetapan tujuan, klasifikasi,  dan  evaluasi tindakan alternatif. Bias kognitif adalah pola penyimpangan dalam menilai situasi tertentu, yang kadang-kadang dapat menyebabkan distorsi persepsi, penilaian tidak akurat, atau interpretasi tidak-logik, termasuk bias yang disebakan oleh terbatasnya rasionalitas. Keputusan etik dapat melibatkan beberapa keputusan. Etika juga sering dikenal sebagai filsafat moral, yang menunjukkan bahwa ada berbagai cara sistematisasi, mempertahankan dan merekomendasikan perihal  konsep perilaku benar dan salah. Misalnya, dari sudut pandang konsekuensialis, bahwa suatu tindakan secara moral dianggap  benar jika membawa kosekuensi  hasil yang baik. Sebuah perspektif utilitarian mengambil posisi bahwa tindakan etik yang tepat adalah salah satu yang dapat memaksimalkan “kebahagiaan”. Masyarakat telah mempromosikan prosedur tertentu tentang pengambilan keputusan etik. Sebagai contoh, pada umumnya masyarakat ingin memilih keselamatan ketimbang risiko, keyakinan ketimbang keraguan, dan kepercayaan ketimbang kebohongan. Beberapa pandangan berpendapat bahwa norma-norma budaya berkenaan tentang  baik dan buruk, benar dan salah  akan menjadi landasan dalam membuat keputusan etik.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close