People Innovation Excellence
 

Kepemimpinan Nasional Bermoral [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Gaya pengambilan keputusan yang digunakan oleh seseorang akan bervariasi sesuai dengan  situasi dan keputusan yang harus dibuat.Pertama, gaya direktif adalah gaya pengambilan keputusan otokratik, yang menggambarkan gaya pembuat keputusan yang bergantung pada informasi, pengetahuan, pengalaman dan penilaian mereka sendiri.Pemimpin jenis ini biasanya enggan  berkonsultasi dengan orang lain atau mencari informasi pembanding dalam bentuk apapun. Gaya ini mengasumsikan bahwa seorang pemimpin memiliki informasi yang cukup untuk menilai semua pilihan yang relevan dan membuat keputusan yang efektif.Kedua, gaya analitikal, yakni : manakala seorang pemimpin tidak lagi memiliki informasi yang cukup untuk membuat keputusan yang efektif, pada gilirannya mereka memerlukan informasi atau keterampilan dari orang lain. Bisa saja para pemimpin dengan gaya ini mungkin tidak memberitahu masalah mereka sebenarnya, namun mereka hanya meminta informasi secara sepihak. Para pemimpin ini kemudian mengevaluasi informasi yang diberikan dan langsung  membuat keputusan.Ketiga, gaya konseptual, yakni : para pemimpin dengan gaya ini akan menjelaskan suatu situasi, baik terhadap kelompok maupun  individu, dengan memberikan informasi yang relevan, dan mengajak mereka untuk mengevaluasi dan menghasilkan berbagai kemungkinan solusi dan,atau resolusi. Gaya ini cenderung memiliki perspektif jangka panjang dan menghasilkan gagasan yang kreatif dan ekspansif dalam menghadapi risiko yang lebih tinggi  untuk kepentingan jangka panjang organisasi.Keempat, gaya perilaku (behaviorist), yakni: para pemimpin dengan gaya ini, secara bersama-sama  akan berusaha mendamaikan  pelbagai perbedaan dan menegosiasikan solusi dan/atau resolusi yang dapat diterima oleh semua pihak. Para pemimpin ini  dapat berkonsultasi dengan pihak lain, melakukan pertemuan untuk mempersiapkan kasus,  dan menghasilkan keputusan alternatif yang dapat diterima oleh mereka. Dengan demikian, gaya pengambilan keputusan dapat bergantung pada situasi, dan  juga akan  tergantung pada tingkat kognitif mereka.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close