People Innovation Excellence
 

Kepemimpinan Nasional Bermoral [Bagian 6]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Hal penting lainnya dalam menilai kepemimpinan bermoral, adalah melihat kecerdasan penalaran moralnya, yang  memungkinkan mereka untuk membuat keputusan yang baik meskipun tidak ditunjang oleh data dan informasi yang baik pula ataukurang dimilikinya pengalaman.Pertimbangan etik seyogyanya berada di balik semua keputusan pimpinan organisasi. Ketika seseorang membuat keputusan, mereka bisa memilih jalur alternatif, bagaimanapundan keputusan apapun yang dibuat akan berdampak terhadap orang lain.Keputusan-keputusan ini didasarkan pada sebuah sistem kepercayaan yang mencakup beberapa bentuk nilai-nilai dasar.Dalam dunia yang penuh dengan ketidak pastian, kompleks, dan selalu berubah, seseorang tidak dapat selalu mengandalkan data atau preseden  yang baik. Dewasa ini yang penting adalah  memiliki kemampuan untuk membuat  keputusan yang baik berdasarkan informasi apa yang kita miliki. Tindakan ini membutuhkan kemampuan untuk memilih keputusan  apa yang akan berakibat baik, dalam hal inilah suatu penalaran moral dapat memenuhi  tujuan yang dimaksud.

Penalaran moral merupakan studi dalam bidang psikologi yang tumpang tindih dengan filsafat. Kontributor terkemuka terhadap  teori perkembangan moral adalah Lawrence Kohlberg dan Elliot Turiel.Penalaran moral dapat didefinisikan sebagai suatu proses dimana seseorang mencoba untuk menentukan perbedaan antara apa yang benar dan apa yang salah dalam situasi pribadi dengan menggunakan nalar-logika. Hal ini adalah proses penting yang dalam kegiatan sehari-hari sering digunakan orang dalam upaya untuk melakukan hal yang benar. Misalnya, Setiap hari orang selalu akan dihadapkan dengan dilema apakah ia akan berbohong dalam situasi tertentu, atau berkata jujur pada situasi yang lain. Para pembuat keputusan yang tidak memiliki penalaran moral yang kuat, akan menghadapi konsekuensi yang berat tentang tindakan moralnya. Misalnya argumen dibalik keputusan seorang pemimpin untuk melepaskan bandar narkoba dari hukuman yang harus dijalaninya. Atau atas dasar apa seorang pemimpin diperbolehkan melakukan tindakan untuk menghilangkan nyawa orang lain, dan seterusnya sebagaimana kasus-kasus yang tengah disoroti oleh media masa dan publik.Dalam masyarakat  yang semakin dewasa dan kritis, permasalahan “cacat moral” yang melekat pada seorang pemimpin bisa menjadi persoalan yang sangat serius, sebagaimana berbagai skandal yang pernah menimpa sejumlah kepala negara, di negara maju sekalipun.  Masyarakat yang memiliki kepekaan moral, akan memiliki  kemampuan untuk melihat dilema etika , termasuk sejauh mana  tindakan seseorang akan mempengaruhi orang lain. Termasuk kemampuan berfikir  tentang apa yang  seharusnya  dilakukan dalam situasi tertentu oleh seorang pemimpin . Mereka juga akan memiliki komitmen pribadi  terhadap  tindakan moral  yang benar, serta menerima tanggung jawab atas konsekuensinya. Suatu masyarakat dengan karakter moral yang tinggi, akan memiliki keberanian meskipun harus menghadapi kelelahan  atau godaan dalam menempuh suatu jalan keluar. Penalaran moral ini berkaitan dengan bagaimana masalah ini dirasakan oleh semua orang, yang secara kolektif  didefinisikan sebagai sebuah budaya .


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close