People Innovation Excellence
 

Kepemimpinan Nasional Bermoral [Bagian 9]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Sebuah teori kepemimpinan  telah diperkenalkan untuk meningkatkan motivasi, semangat, dan kinerja para pekerja  melalui berbagai mekanisme. Kepemimpinan demikian  digambarkan sebagai  proses pengaruh sosial di mana satu orang dapat meminta bantuan dan dukungan dari orang lain dalam pemenuhan tugas bersama. Namun, masih banyak orang yang masih berpikiran bahwa kepemimpinan sebagai sebuah konsep abstrak bawaan sejak lahir, dan bukanlahketerampilan yang mereka dapat dari proses belajar. Sebaliknya, dari serangkaian penelitian menunjukkan bahwa ada banyak karakteristik yang dapat memprediksi pemimpin yang sukses, dimana karakteristik ini  dapat dipelajari.Memang tidak ada teori universal tentang kepemimpinan. Namun karena ledakan dalam pemikiran kepemimpinan akhir-aakhir ini, kita sekarang memiliki kekayaan berbagai teori tentang kepemimpinan. Hal ini termasuk teori terkemuka seperti kepemimpinan dengan melayani ( Robert K. Greenleaf ) , kepemimpinan kolaboratif ( David D. Chrislip dan Carl E. Larson ) , kepemimpinan visioner ( Burt Nanus ) , kepemimpinan situasional ( Kenneth H. Blanchard ) , dan kepemimpinan berprinsip ( Stephen R. Covey ). Diantara teori-teori ini ada yang mendukung perbedaan antara manajer dan pemimpin, seperti kepemimpinan transaksional (manajer) sebagai lawan dari kepemimpinan transformasional (pemimpin). Sedangkan baru-baru ini ,sebagian para pakar  telah beralih fokus pada ciri-ciri dan karakteristik pemimpin, dan hai ini termasuk penelitian tentang faktor  kepribadian dan kognitif  sebagai determinator yang paling mungkin untuk memprediksi pemimpin yang sukses. Pemahaman terhadap semua teori tersebut, tentunya sangat bermanfaat, namun banyak  masyarakat, bangsa, dan negara harus mengalami penderitaan yang panjang sebagai hasil dari pengambilan keputusan yang keliru dari para pemimpin nasionalnya di masa lalu.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close