People Innovation Excellence

Mencermati Makna Komunikasi Verbal – Non Verbal Dan Empati Dalam Organisasi [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

MENCERMATI MAKNA

KOMUNIKASI VERBAL – NON VERBAL DAN EMPATI

DALAM ORGANISASI

 

“The most important thing in communication

is hearing what is not said”

Peter Drucker

 

Setiap organisasi, baik itu organisasi laba (bisnis) maupun organisasi nirlaba (publik), pada dasarnya perlu melakukan suatu komunikasi yang efektif dan teratur dengan masyarakat atau para stakeholder-nya, baik melalui komunikasi verbal maupun nonverbal. Apa pun jenis komunikasi yang dipilih dan dimanfaatkan organisasi tersebut, pada umumnya dapat dikatakan berhasil selama mampu menyampaikan pesan-pesan dan/ atau menciptakan suatu respon tertentu dari para audience sasarannya

Secara umum, pengertian dari komunikasi verbal adalah komunikasi yang dilakukan melalui lisan dan tulisan (spoken and written). Sedangkan komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang dilakukan tanpa melalui lisan dan tulisan (not written and not spoken). Komunikasi nonverbal umumnya dilakukan melalui tiga elemen berikut: (a) appearance; (b) body language; dan (c) melalui cara diam (silent) atau suasana (atmosphere). Dalam praktiknya, komunikasi nonverbal dapat dilakukan melalui sesuatu yang dapat terlihat (visible), seperti diantaranya: perilaku anggota organisasi, lokasi organisasi, atribut fisik lainnya yang berkaitan dengan organisasi, atau bahkan melalui empati.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close