People Innovation Excellence
 

Mencermati Makna Komunikasi Verbal – Non Verbal Dan Empati Dalam Organisasi [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Istilah komunikasi pada dasarnya memiliki suatu sifat yang menarik, yaitu bersifat multiformity dan sekaligus universality. Dalam hal ini komunikasi memiliki berbagai macam ungkapan dan/ atau definisi namun sekaligus memiliki pula makna yang relatif sama antara yang satu dengan yang lainnya. Multiformity ini ditunjukkan oleh banyaknya atau beragamnya ungkapan tentang definisi komunikasi tersebut. Sedangkan universality ditunjukkan oleh kesamaan makna dari komunikasi itu sendiri, yaitu sebagai proses mempengaruhi perilaku pihak lain dengan cara menanamkan ide atau berbagi perasaan (sharing the feeling) dengan pihak lain.

Beberapa definisi dari istilah komunikasi yang ungkapannya relatif berbeda namun memiliki kesamaan makna, dapat dilihat dari definisi para pakar berikut. Smith (1995) mendefinisikan istilah komunikasi sebagai berikut, yaitu: “Communication is giving or exchange of information, etc. by talking  or writing”. Dalam hal ini komunikasi dianggap sebagai arus informasi dua arah, dan informasi yang sifat atau arusnya hanya satu arah tidak dapat disebut komunikasi. Berbicara kepada seseorang tidak selalu merupakan atau menghasilkan komunikasi yang efektif, karena efektivitas komunikasi akan tergantung pada sampai sejauhmana si penerima benar-benar menerima pesan sesuai dengan yang dimaksudkan si pengirim. Dengan demikian pengertian komunikasi disini adalah penyampaian pesan yang menghasilkan tanggapan (response), seperti yang diharapkan oleh pengirimnya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close