People Innovation Excellence

Mencermati Makna Komunikasi Verbal – Non Verbal Dan Empati Dalam Organisasi [Bagian 7]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Riset secara ilmiah tentang komunikasi non verbal di mulai pada tahun 1872 bersamaan dengan publikasi Charles Darwin mengenai The Expression of the Emotions in Man and Animal. Sejak waktu itu, terdapat penelitian yang melimpah ruah tentang riset serupa, yaitu yang berkenaan dengan dampak dan ekspresi dari komunikasi dan perilaku yang tak terucapkan (unspoken). Sementara isyarat-isyarat atau signal tersebut begitu tidak kentara dan kurang disadari masyarakat, dan di lain pihak penelitian telah mampu mengidentifikasi beberapa jenis komunikasi non verbal secara lebih ekstensif, seperti diantaranya ekspresi wajah, gestur, paralinguistik, bahasa tubuh, proxemics, tatapan mata, haptics, penampilan, dan empati.

Empati pada hakikatnya merupakan suatu hal yang sangat penting di dalam berkomunikasi yang baik dan/atau komunikasi non verbal yang efektif. Namun demikian, masih banyak orang keliru dalam mengartikan konsep tentang empati tersebut, dan kadang-kadang dipertukarkan dengan konsep mengenai simpati. Dalam hal ini pengertian dari empati jauh lebih luas dari pengertian simpati.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close