People Innovation Excellence
 

Mencermati Makna Komunikasi Verbal – Non Verbal Dan Empati Dalam Organisasi [Bagian 8]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Di dalam beberapa kepustakaan, ditemukan istilah empati tersebut sebagai (1) Suatu kualitas atau proses memasuki perasaan atau motif orang lain sedalam-dalamnya melalui imajinasi. Didalam pengertian yang paling luas, empati secara tidak langsung, menempatkan diri kita sendiri ke dalam sepatu orang lain, atau memasukkan diri kita ke dalam kulitnya sehingga kita  memahami benar dan merasa sakit, takut atau khawatir, atau secara lebih positif kita merasakan bagaimana kegembiraannya; dan (2) Keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dalam keadaan perasaan atau fikiran yang sama dengan orang lain atau kelompok lain.

Empati adalah kemampuan untuk saling mengalami pemikiran, emosi, dan pengalaman langsung dengan orang lain. Empati ini ada di atas simpati, yang merupakan suatu perasaan kepedulian dan pemahaman terhadap orang lain. Kedua nya memiliki penggunaan yang mirip tetapi beda dalam arti emosionalnya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close