People Innovation Excellence

Mencermati Makna Komunikasi Verbal – Non Verbal Dan Empati Dalam Organisasi [Bagian 9/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Empati di dalam komunikasi merupakan suatu keterampilan penting bagi para pengelola organisasi, apa pun jenisnya maupun ukurannya. Dalam hal ini empati dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk berjalan dengan menggunakan sepatu orang lain dan merasakan apa yang mereka rasakan tanpa memberikan suatu penilaian.

Perbedaan nyata diantara konsep empati dan simpati, secara eksplisit dapat dikemukakan melalui Tabel 1 berikut.

Tabel 1. Perbedaan Antara Empati dan Simpati

VARIABEL

EMPATI

SIMPATI

Definisi Memahami apa yang dirasakan orang lain karena kita telah mengalaminya sendiri atau kita menempatkan diri dalam sepatu orang lain. Mengakui kesulitan emosional orang lain dan berusaha menghiburnya.
Contoh Saya tahu menurunkan berat badan adalah tidak mudah, dan saya sendiri telah mengalami masalah tersebut. Jika orang lain berusaha untuk membuat suatu perubahan (misal menurunkan berat badan) katakan bahwa untuk pertama kali adalah tidak mudah.
Hubungan Pribadi Teman, keluarga, dan masyarakat.

 

Setiap pengelola organisasi yang berada di dalam suatu lingkungan tertentu umumnya akan mengharapkan tanggapan yang segera dan efektif dari para audience yang menjadi sasarannya. Namun demikian dalam kenyataannya tidak selamanya tanggapan dari para audience adalah sama atau sesuai dengan yang diharapkan para pengelola organisasi, baik waktunya maupun arahnya. Sehubungan dengan hal itu minat, antusiasme, kreativitas, dan inovasi dalam mengembangkan komunikasi yang efektif perlu terus diupayakan oleh para pengelola organisasi. Last but not least, there is no life without communication: verbal as well as non verbal.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close