People Innovation Excellence
 

Dimensi Pengambilan Keputusan [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Keputusan merupakan bagian tak terelakkan dari aktivitas manusia, dan hal ini membutuhkan sikap yang benar. Setiap masalah jika disikapi dengan benar dapat menjadi suatu peluang. Dalam kebanyakan situasi, pembuat keputusan harus melihat masalah sebagai peluang ketimbang hanya sebagai obyek pemecahan masalah itu sendiri. Sebagai contoh, kita tengah menerima suatu keluhan serius dari pelanggan yang tidak puas. Namun kita dapat mengubah masalah tersebut menjadi peluang, yakni dengan mencari tahu lebih banyak tentang apa yang salah dengan produk dan pelayanan yang kita berikan, misalnya. Dalam hal ini, kita belajar dari pengalaman pelanggan dalam rangka meningkatkan kualitas tawaran produk dan/ atau jasa kita, dan kesemuanya akan tergantung pada sikap sang pembuat keputusan. Seorang yang pesimis akan melihat banyak kesulitan dalam setiap peluang atau kesempatan, sementara seorang yang optimis akan melihat peluang atau kesempatan dalam setiap kesulitan. Kisah-kisah sukses terbesar sering diciptakan oleh orang-orang yang berhasil mengubah masalah menjadi peluang. Dengan membuka diri untuk menerima berbagai pengalaman yang berbeda akan menyebabkan seseorang dapat melihat sesuatu hal lain melalui kacamata yang berbeda. Dengan demikian, kita tengah menyediakan  pikiran kita –dengan lensa ekstra untuk melihat masalah dan isu– terhadap situasi yang tampaknya tidak berhubungan namun mengandung peluang baru. Sebagian besar keputusan kita dibuat dengan menggunakan pengalaman masa lalu dan beberapa pemikiran strategik. Kita mungkin pernah  mengalami masalah dimana satu keputusan yang keliru dapat memiliki implikasi jangka panjang yang merugikan, dan menyebabkan kesalahan yang parah serta kegagalan yang relatif besar. Dalam banyak situasi, keputusan yang keliru sekecil apapun ternyata dapat membawa konsekuensi penting, misalnya dalam berbagai kasus kecelakaan pesawat terbang. Ketika seseorang merasa sesuatu yang salah, maka ia akan mencoba untuk menemukan penyebabnya. Dengan demikian seorang yang berpengalaman dalam pengambilan keputusan dapat menerapkan proses pencarian yang lebih cepat untuk menemukan faktor-faktor utama penyebab masalah. Hal demikian akan lebih memungkinkan bagi orang tersebut untuk membuat keputusan yang tepat dan mengambil langkah yang diperlukan untuk memperbaiki situasi yang dihadapi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close