People Innovation Excellence
 

Dimensi Pengambilan Keputusan [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Keputusan seseorang mungkin dapat dikategorikan kedalam dua kategori, yakni keputusan subyektif dan keputusan obyektif. Keputusan pribadi yang bersifat subyektif adalah suatu keputusan yang didasarkan pada feeling atau perasaan. Boleh jadi dalam keputusan subyektif seseorang juga bisa mempertimbangkan aspek kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT). Sementara keputusan yang obyektif, adalah keputusan murni tanpa emosi, yang memerlukan tanggung jawab, rasionalitas dan accountable. Dengan demikian, pada kategori pertama keputusan bersifat pribadi dengan melibatkan emosi, dan kategori kedua hampir seluruhnya berlandaskan pada aspek rasional dari suatu pengambilan keputusan. Namun demikian, keputusan yang benar-benar rumit sering melibatkan kombinasi dari keduanya. Kesulitan yang sering muncul adalah kenyataan bahwa emosi dan pemikiran  rasional strategik berada pada  dua sisi pada otak manusia yang sama, dimana suatu keputusan yang rumit harus dilakukan dengan menggunakan kedua sisi otak secara bersamaan. Seorang pembuat keputusan terlebih dahulu perlu menetapkan nilai-nilai dan tujuan untuk memastikan sebuah proses pengambilan keputusan. Sebelum mengambil tindakan, seseorang perlu membuat serangkaian alternatif program tindakan dan sekaligus mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan alternatif tindakan masing-masing. Setelah informasi terkumpul seseorang dapat melakukan prediksi untuk setiap kemungkinan alternatif dan membuat rencana keputusan sekaligus implementasinya. Dari setiap keputusan yang baik, pada gilirannya akan mengundang masalah baru yang akan membutuhkan upaya lain. Dengan demikian, setiap kesuksesan dalam pengambilan keputusan hanyalah pembelian tiket untuk masuk ke masalah keputusan yang lebih sulit lagi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close