People Innovation Excellence
 

Dimensi Pengambilan Keputusan [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam proses pemodelan pengambilan keputusan, kita perlu  menguji dampak dari setiap keputusan alternatif secara retrospektif, yaitu dengan mensimulasikan penerapan suatu strategi. Kunci dari suatu keputusan yang baik adalah melakukan refleksi sebelum membuat tindakan, oleh karena itu kita perlu membuat urutan langkah-langkah dalam proses pemodelan pengambilan keputusan. Dalam proses membuat keputusan, tersirat adanya alternatif atau pilihan untuk dipertimbangkan, dan dalam kasus demikian kita sering dihadapkan untuk memilih salah satu yang paling sesuai dengan tujuan, nilai-nilai, gaya hidup dan keinginan kita. Dalam hal ini seseorang perlu berhati-hati dalam menimbang apa pun yang ia ketahui tentang biaya dan risiko serta konsekuensi positif dan negatif yang muncul dari setiap alternatif. Disamping itu, secara intensif seseorang perlu mencari informasi baru yang relevan dan mengevaluasi lebih lanjut terhadap berbagai alternatif. Informasi dapat diklasifikasikan kedalam dua bentuk, yakni informasi eksplisit dan informasi implisit. Informasi eksplisit dapat dijelaskan dalam bentuk terstruktur, sedangkan informasi implisit bersifat inkonsisten dan kabur untuk bisa dijelaskan. Proses pengambilan keputusan harus mencakup pengurangan ketidakpastian dan keraguan tentang input yang tak terkendali. Hal demikian hanya dapat dicapai dengan mengumpulkan informasi yang dapat dipercaya. Meskipun ketidakpastian tidak dapat dihilangkan dalam banyak kasus, namun informasi yang  berguna dan akurat dapat mengurangi sejumlah risiko. Sekali lagi kita perlu memeriksa kembali konsekuensi positif dan negatif dari berbagai alternatif yang telah kita miliki, dalam hal ini termasuk alternatif yang awalnya dianggap memadai dan dapat diterima  sebelum keputusan akhir dibuat. Seseorang juga perlu membuat ketentuan rinci untuk menerapkan dan melaksanakan program tindakan yang akan dipilih, termasuk membuat rencana kontijensi untuk melakukan penyesuaian dalam rangka  mengurangi risiko yang telah terdeteksi. Dengan demikian seni manajemen adalah melakukan penyesuaian yang konstan terhadap situasi yang dihadapi. Dengan kata lain, setiap pembuat keputusan harus memiliki satu set keputusan kontinjensi, dan hal ini bisa saja suatu keputusan yang telah dibuat namun ditunda sampai beberapa kondisi dapat terpenuhi. Berikut ini adalah sejumlah karakteristik pengambil keputusan yang baik yang dapat dijadikan pegangan oleh para pengambil keputusan, yakni :

  1. Memiliki toleransi yang tinggi untuk permasalahan yang bersifat ambiguitas;
  2. Memiliki skala prioritas (ambeg paramaarta);
  3. Menjadi pendengar yang baik ;
  4. Mampu membangun konsensus diseputar keputusan ;
  5. Menghindari stereotipe;
  6. Melakukan umpan balik;
  7. Tetap tenang dalam menerima masukan, baik masukan yang konstruktif maupun destruktif; dan
  8. Tetap realistis tentang biaya dan kesulitan yang dihadapi.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close