People Innovation Excellence
 

Dimensi Pengambilan Keputusan [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Pemilihan instrumen keputusan yang tepat sebagian besar tergantung pada jenis informasi yang tersedia dan pengetahuan tentang teknik analisis keputusan. Teknik yang paling populer adalah, analisis perbandingan terpadu, analisis grid, dan analisis biaya-manfaat, termasuk pohon keputusan dan diagram pengaruh, yang memiliki representasi grafis pengambilan keputusan sebagai alat yang efektif. Setiap instrumen keputusan demikian mungkin bisa membantu dalam memberikan beberapa wawasan, namun bagaimanapun tanggung jawab utama tetap terletak pada pundak para pengambil keputusan berkenaan dengan teknik apa yang akan digunakan dan  keputusan apa yang akan diambil.

Teknik analisis perbandingan terpadu dapat membantu kita dalam menganalisis sejumlah pilihan relatif antara yang satu dengan lainnya. Teknik ini  sangat berguna ketika kita tidak memiliki data yang obyektif untuk mendasari suatu pilihan. Teknik ini akan memudahkan dalam memilih masalah yang paling penting untuk dipecahkan, atau memilih solusi dan/ atau resolusi yang akan memberikan dampak manfaat terbesar. Analisis perbandingan terpadu akan membantu dalam menetapkan prioritas mana yang akan diambil dalam menghadapi tuntutan yang saling bertentangan berkenaan dengan keterbatasan sumber daya yang kita miliki. Dengan demikian kita dapat membuat daftar skala prioritas pilihan, yang  masing-masing pilihan dituangkan kedalam baris kolom (kotak). Masing-masing kotak dipergunakan untuk membandingkan setiap opsi atau pilihan secara satu-per-satu. Dengan adanya perbandingan, diputuskan mana dua opsi yang paling penting, dengan menetapkan skor untuk menunjukkan tingkat yang paling penting. Dengan demikian kita dapat mengkonsolidasikan perbandingan ini sehingga setiap opsi diberi bobot persentase tingkat kepentingannya. Analisis grid adalah teknik yang juga berguna untuk membuat keputusan. Teknik ini paling efektif manakala kita memiliki sejumlah alternatif yang baik dan banyak faktor untuk dipertimbangkan. Langkah pertama yang dilakukan adalah membuat daftar pilihan dan faktor-faktor yang penting untuk dipertimbangkan dalam membuat keputusan. Kita akan menuangkan faktor-faktor penting tersebut kedalam representasi angka-angka. Angka-angka tersebut merupakan gambaran dari pentingnya faktor-faktor yang ada sebagai pertimbangan dalam menentukan pilihan. Untuk menginterpretasikan  data-data tersebut secara lebih jelas, maka kita dapat menggunakan teknik analisis perbandingan terpadu untuk memperkirakan, dengan memberikan skor bagi setiap opsi dari rentang bobot 0 (buruk) sampai ke bobot 3 (sangat baik). Dalam hal ini kita  tidak selalu harus menentukan skor yang berbeda bagi masing-masing pilihan, jika tidak satupun dari faktor tersebut dianggap baik untuk menentukan keputusan, namun bagaimanapun opsi dengan skor tertinggi adalah yang terbaik. Penjelasan diatas hanyalah penjelasan sepintas dari sejumlah teknik yang tersedia sebagai instrumen bantu dalam membuat keputusan, dan setiap orang dapat mengambil teknik apapun yang sesuai dengan tuntutan kontijensial.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close