People Innovation Excellence

Manajemen Inovatif Ke Depan [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dengan adanya fokus terhadap inovasi pelayanan, maka akan menjadikan pelanggan sebagai pusat proses bisnis, sekaligus membuka diri terhadap para pebisnis lain untuk bekerjasama dalam membuat perubahan internal. Hal ini berarti bahwa inovasi pelayanan terbuka akan mengubah model bisnis yang saat ini tengah kita praktikkan. Inovasi pelayanan terbuka akan mewajibkan organisasi untuk mengajari para pelanggan dengan cara-cara baru, diantaranya dengan menggunakan mekanisme yang berbeda dalam hal cara pengiriman dan cara pembayaran, dan dalam hal memperoleh aliran pendapatan tambahan. Tentu saja, membuka diri terhadap orang luar akan menuntut untuk berbagi risiko keuangan dan manfaat bagi semua pihak. Pesaing tradisional dapat menjadi pelanggan atau mitra usaha dalam model bisnis baru, dan sangat mungkin akan terjadi hal yang bertentangan sebagai dampak dari berubahnya saluran distribusi untuk mencapai pasar. Sejumlah organisasi bisnis yang melakukan inovasi pelayanan telah belajar untuk mengatasi tantangan tersebut. Bukan suatu masalah bagi pelayanan bisnis global IBM mendukung produk pesaing di area pelanggannya, sekaligus  berbagi informasi teknis dengan para pesaing. Hal ini tidak lain karena inovasi pelayanan bisnis kini telah menyumbang lebih dari 50 persen pendapatan yang diperoleh oleh IBM. Sehingga baru-baru ini Xerox-pun telah menawarkan pengelolaan semua mesin fotokopi dan printernya terhadap pelanggan. Dengan demikian, inovasi akan terus berubah, sebagaimana juga proses di mana ide-ide dan teknologi baru yang sampai ke pasar juga terus berubah. Semua organisasi yang mencari keuntungan dari inovasi akan mengambil tantangan perubahan dengan cermat dan cekatan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close