People Innovation Excellence

Manajemen Inovatif Ke Depan [Bagian 7]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Pertanyaannya kemudian adalah bahan bakar apa sebagai kunci kesuksesan bisnis jangka panjang? Mungkin kuncinya tidak lagi terletak pada keunggulan operasional, terobosan teknologi, atau model bisnis baru semata, sebaliknya manajemen inovatif perlu menemukan cara baru tentang bagaimana cara untuk   memobilisasi talenta, mengalokasikan dan merelokasikan sumber daya, serta  merumuskan strategi. Sejarah telah membuktikan, bahwa inovasi manajemen telah memungkinkan organisasi untuk menyeberangi ambang batas kinerja baru dan membangun surplus atau keuntungan yang relatif abadi. Sebagaimana pernah dikatakan oleh Margaret Mead, “Jangan pernah meragukan bahwa sekelompok kecil orang berbakat, atau warga negara dengan komitmen kuat, mereka dapat mengubah dunia”. Dengan demikian, paradigma manajemen abad lalu yang lebih berpusat pada pengendalian dan efisiensi tidak lagi akan mencukupi pada suatu dunia dimana kemampuan adaptasi dan kreativitas merupakan penggerak utama bisnis masa depan. Pendek kata, untuk berkembang di masa depan, maka suatu organisasi perlu mendefinisikan kembali arti manajemen. Harus diakui praktek manajemen konvensional telah menghasilkan terobosan dalam kepeloporan manajemen modern. Namun kepeloporan manajemen ke depan telah dilakukan oleh organisasi bisnis seperti Google, WL Gore, Whole Foods, IBM, Samsung, Best Buy, dan sejumlah inovator manajemen lainnya. Inovasi sebagai kunci sukses dalam persaingan bisnis telah menjadi pengamatan rutin para praktisi dan para pakar manajemen. Terdapat empat tingkat inovasi manajemen, yaitu inovasi hirarki berupa penciptaan nilai keunggulan bersaing yang meningkat sejalan dengan kenaikan karir seseorang dalam jenjang manajemen. Tingkat berikutnya adalah inovasi operasional, yaitu jenis teknik perbaikan proses yang diterapkan oleh organisasi bisnis sebagai hal yang biasa. Selanjutnya adalah inovasi produk berupa penciptaan produk dan/ atau pelayanan jasa baru. Terobosan dalam produk jarang memberikan kepemimpinan dalam industri secara jangka panjang. Terakhir adalah inovasi strategi, atau inovasi model bisnis sebagaimana telah dijelaskan diatas. Para pakar sering menyebut tiga organisasi bisnis di Amerika Serikat – Seperti Whole Foods Market, W. L Gore dan Google – sebagai contoh organisasi yang menerapkan inovasi manajemen dengan sangat efektif. Whole Food Market mungkin adalah contoh paling menarik, sebagai organisasi pengecer yang memasarkan produk makanan organik dan alami, dan berhasil bersaing sebagai organisasi terbesar dan terbaik dalam hal sumber daya organisasi di dunia.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close