People Innovation Excellence
 

Menemukan Permasalahan Pokok Sebuah Rencana Penelitian [Bagian 1]

Oleh  : Cecep Hidayat

Sebuah penelitian pada dasarnya  terdiri dua bagian yaitu  masalah dan penyelesaian masalah, jika masalah sudah ditemukan bisa dikatakan setengahnya dari penelitian sudah selesai.  Sebuah penelitian apapun jenis dan objeknya pada umumnya memiliki tujuan yang sama yaitu memecahkan atau mencari solusi sebuah masalah. Menemukan masalah merupakan langkah awal yang tentunya tidak gampang dilakukan. Masalah yang dimaksud adalah pokok permasalahan bukan gejala masalah. Seringkali antara keduanya tertukar, sesuatu hal dinggap masalah pokok padahal hanya sebagai gejala atau fenomena masalah. Pokok masalah adalah penyebab utama dari beberapa gejala masalah atau dengan  kata lain pokok masalah adalah penyebab dari serangkaian sebab dan akibat. Sebagai contoh misalnya  penurunan penjualan sebuah perusahaan terkadang oleh beberapa mahasiswa penulis skripsi dianggap sebagai pokok masalah padahal bisa  jadi sekedar salah satu gejala masalah. Mungkin saja penjualan menurun merupakan gejala dari permasalahan pokok promosi yang kurang, atau mungkin juga kinerja karyawan yang menurun, atau mungkin juga penyebab utamanya persaingan yang semakin meningkat intensitasnya, atau bisa juga penyebab utamanya adalah selera konsumen yang sudah berubah.

Untuk menemukan penyebab masalah yang sebenarnya (permasalahan pokok)  perlu mengidentifikasi gejala masalah sebanyak mungkin. Semakin banyak gejala masalah yang teridentifikasi akan semakin mengarah pada penemuan masalah pokok sebenarnya. Akan tetapi hal tersebut  tentunya tidaklah berlaku mutlak, dalam arti bahwa dengan gejala-gejala yang sama dalam beberapa kasus bisa jadi pokok permasalahannya beda. Jika kita analogikan dalam dunia medis seringkali dokter yang sudah berpengalamanpun tertukar dalam mendiagnosa antara  penyakit Typhus (Typhoid) dan Demam Berdarah (DBD), karena gejala keduaya secara fisik hampir sama. Dokter baru bisa membedakan jika sudah  melakukan uji sampel darah di laboratorium dengan menggunakan alat-alat bantu tertentu.  Jadi untuk menemukan pokok masalah memang tidak mudah, diperlukan gejala-gejala masalah yang lengkap dan upaya tambahan lain yang bisa memperkuat dugaan bahwa suatu hal dianggap sebagai permasalahan pokok. Berkaitan dengan tidak mudahnya untuk menemukan permasalahan pokok tersebut, maka tidaklah mengherankan bahwa beberapa referensi mengatakan bahwa apabila permasalahan pokok sudah ditemukan, maka penelitian  lima puluh persen sudah selesai. Sisanya lima puluh persen lagi adalah menemukan solusi masalah melalui berbagai teori, metode atau prosedur, dan menggunakan alat-alat tertentu.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close