People Innovation Excellence
 

Menemukan Permasalahan Pokok Sebuah Rencana Penelitian [Bagian 2]

Oleh  : Cecep Hidayat

Berdasarkan pengalaman penulis membimbing skripsi, mahasiswa  terkadang terjadi bahwa mahasiswa memilih perusahaan terlebih dahulu sebagai objek sebelum menentukan permasalahan yang akan diangkat menjadi topik skripsi. Jika hal ini dilakukan tentunya akan menyulitkan jika  pokok permasalahan yang sesuai dengan topik yang dinginkan tidak ditemukan dalam perusahan yang sudah dipilih tadi. Padahal yang harus diketahui terlebih dahulu dalam sebuah penelitian adalah permasalahan pokok, baru mencari organisasi atau perusahaan yang memiliki permasalahan yang sesuai dengan topik yang diinginkan. Memang masalah pokok dalam sebuah organisasi baik organisasi bisnis, pemerintah, maupun nirlaba pada umumnya tidak dapat terlihat secara langsung, akan tetapi masalah pokok dapat diidentifikasi dari gejala-gejala yang muncul ke permukaan. Seperti telah dibahas sebelumnya, bahwa semakin banyak-gejala yang bisa diidentifikasi, maka akan semakin akurat dalam menentukan jenis permasalahan pokok tersebut. Masalah yang sering dihadapi di lapangan terkadang gejala-gejala tersebut sulit diidentifikasi secara lengkap yang disebabkan oleh berbagai hal, baik teknis maupun non teknis. Pertama, mungkin gejala-gejala tersebut tidak muncul atau muncul tetapi hanya sebagian kecil disebabkan karena memang perusahaan tersebut tidak melakukan pencatatan dan pelaporan secara lengkap,  masalah ini terutama sering dijumpai dalam perusahaan perusahaan skala menengah dan kecil. Jika terjadi permasalahan seperti ini bisasanya diatasi dengan  survey pendahuluan, dimana peneliti mengadakan wawancara baik lisan maupun tertulis (kuesioner) dan pengamatan langsung terhadap objek yang akan diteliti, hanya keterbatasan rentang waktu umumnya  merupakan hambatan untuk memperoleh data yang akurat. Untuk mengurangi hambatan tersebut, sebaiknya pengamatan dan wawancara dilakukan secara random baik terhadap sejumlah personalia yang diperkirakan mengetahui  permasalahan maupun waktu pengamatan yang dilakukan. Kedua, gejala masalah sering tidak teridentifikasi secara lengkap  disebabkan perusahaan yang bersangkutan memiliki keberatan atas data-data yang diperlukan peneliti mengingat sifat-sifat kerahasiaan perusahaan. Jika terjadi permasalahan seperti ini umumnya harus melakukan pendekatan dan komunikasi dengan perusahaan. Harus dikomunikasikan dengan bijak pada perusahaan bahwa penelitian dilakukan bukan untuk kepentingan pribadi peneliti, akan tetapi untuk kepentingan dan kemajuan bersama yaitu peneliti, perusahaan dan masyarakat ilmiah. Idealnya dengan penelitian pada dasarnya membantu perusahaan mengatasi permasalahan. Tentunya  hal ini memerlukan upaya yang kuat dari peneliti bahwasanya penelitiannya benar-benar berkualitas dan bisa meyakinkan perusahaan dengan dengan rencana penelitian yang sebaik-baiknya. Jika perusahaan keberatan dengan pencantuman namanya, bisa juga nama perusahaan dirahasiakan dan tidak dipublikasikan, jadi hanya peneliti dan pihak tertentu saja yang mengetahuinya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close