People Innovation Excellence
 

Menemukan Permasalahan Pokok Sebuah Rencana Penelitian [Bagian 3/Selesai]

Oleh  : Cecep Hidayat

Terkadang terjadi juga bahwa mahasiswa menentukan judul sebelum  menemukan masalah  penelitian yang akhirnya mengakibatkan  bahwa pemilihan masalahnya ‘disesuaikan’ dengan judul. Padahal sebaiknya judul penelitian mengikuti  pokok permasalahan supaya proses penemuan masalah  lebih independen dan tidak terpengaruh oleh persyaratan judul yang sudah dipilih peneliti. Judul sebaiknya tidak ditentukan terlebih dahulu, akan tetapi tema atau topik penelitian bisa kita tentukan terlebih dahulu sebelum menentukan permasalahan. Setelah menentukan tema barulah peneliti mulai mengidentifikasi gejala-gejala masalah dalam rangka menemukan pokok masalah sesuai dengan tema yang diplih tersebut. Menyusun sebuah proposal penelitian pada dasarnya adalah menentukan permasalahan pokok dan tentunya perlu upaya ekstra teliti untuk menentukan permasalahan pokok tersebut sehingga tidak salah menentukan. Permasalahan pokok tidak mudah ditentukan jika data-data yang berkaitan dengan gejala-gejala masalahnya tidak lengkap atau tidak tersedia.

Bagaimana caranya menemukan  permasalahan pokok di sebuah perusahaan atau lembaga adalah sebuah pertanyaan yang sering dilontarkan mahasiswa dalam rangka menyusun tugas akhir berupa skripsi. Permasalahan pokok penelitian  bisa ditemukan antara lain sebagai berikut:  Pertama, masalah dapat ditemukan di jurnal-jurnal sesuai dengan tema  dan bidang ilmu masing-masing. Jurnal fungsi utamanya adalah mengetahui perkembangan terkini dari suatu  kajian ilmu atau bidang tertentu. Jurnal ilmiah biasanya memuat masalah-masalah aktual yang terjadi dalam sebuah organisasi baik bisnis maupun non bisnis. Apabila sudah menemukan permasalah pokok yang actual seperti yang ada dalam jurnal, langkah selanjutnya bagi peneliti adalah mencari perusahaan atau lembaga yang  kira-kira memiliki permasalah yang sama seperti dalam jurnal yang telah dipelajari. Disarankan mencari jurnal yang memiliki objek yang kira-kira hampir sama, seperti misalnya jika objeknya UKM maka carilah jurnal dengan objek perusahaan yang sama. Kedua pokok permasalahan dapat ditemukan dengan melakukan  penelitian pendahuluan, dimana peneliti mengadakan pengamatan secara langsung terhadap objek yang akan diteliti. Disamping mengamati secara langsung kegiatan operasional organisasi, peneliti juga melakukan wawancara pada beberapa pihak terkait yang diperkirakan mengetahui permasalahan pokok perusahaan sesuai dengan tema yang dipilih oleh peneliti. Melakukan praktek magang juga sangat dianjurkan untuk memperoleh data-data yang pendahuluan yang akurat. Ketiga menemukan permasalahan pokok adalah dengan berkonsultasi pada seorang konsultan, mengingat lembaga konsultan adalah lembaga dimana perusahaan pada umumnya mencurahkan dan mencari solusi permasalahan. Beberapa perusahaan besar pada umumnya menggunakan jasa konsultan untuk riset-riset dalam bidang sumberdaya manusia, periklanan, dan perilaku konsumen. Alternatif ketiga dalam menemukan permasalah pokok ini walaupun memungkinkan tentunya tidak mudah dilakukan karena faktor biaya yang tidak murah. Yang paling memungkinkan, terutama untuk mahasiswa dalam menyusun karya ilmiah adalah alternatif yang pertama dan kedua atau gabungan keduanya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close