People Innovation Excellence
 

Kepemimpinan Masa Depan [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Organisasi bisnis secara intensif perlu terus ditata ulang agar dapat bersaing ditengah perubahan yang cepat karena perubahan tersebut dapat mempengaruhi bisnis dan cara kerja yang selama ini dilakukan. Teknologi baru telah menciptakan persaingan yang ketat dalam dunia bisnis. Peluang karir pun telah berubah. Dengan  kecepatan perubahan saat ini, peluang baru hanya akan  terlihat oleh mereka yang terbuka wawasannya dan mereka yang menyambut masa dengan penuh antusias , sekalipun lingkungan bisnis semakin dilanda ketidak pastian dan ambiguitas. Ketika dunia bisnis mengalami perubahan yang cepat, maka berfikir tentang masa depan acapkali menimbulkan tingkat kecemasan. Suatu kecemasan dapat meningkat  ketika kita cenderung melihat sesuatu dari perspektif kelangsungan hidup dan kompetensi pribadi kita sendiri. Sayangnya, ketika kecemasan meningkat pikiran malah justru cenderung membeku. Dengan kata lain, kita sering gagal memahami apa yang kita dengar dan kita lihat. Pikiran yang tertutup mempersempit pandangan tentang apa yang sebenarnya terjadi, sehingga kita sering kehilangan perspektif ruang bisnis. Agar pikiran kita terang kembali dan terhindar dari tekanan persoalan yang meningkat, maka beberapa langkah di bawah ini dapat ditempuh, yakni:

 

Mengembangkan  Rasa Humor

Humor memungkinkan kita untuk melihat segala sesuatu tidak melulu dari  perspektif ancaman semata. Humor dapat menurunkan ketegangan, kemarahan, rasa sakit, dan stres dari segala tuntutan pekerjaan yang harus kita penuhi dan perubahan yang harus kita lakukan. Dalam lingkungan yang paling kompleks sekalipun rasa humor dapat menerangi perspektif yang sempit menjadi terbuka kembali. Bahkan dengan humor situasi yang tadinya dianggap sulit dan diluar jangkauan pemikiran kita mungkin akan tampak lebih mudah untuk terpecahkan.

 

Mengembangkan suatu pola

Kemampuan dalam mengidentifikasi tren dan bagaimana kita merespon tren yang tengah berlangsung merupakan hal penting dalam meraih keberhasilan selama terjadinya perubahan. Jika kita melihat banyak fungsi pekerjaan yang perlu diotomatisasi atau di outsourcing, maka tren ini merupakan hal yang perlu diperhatikan. Manakala para pelanggan mulai mengeluhkan pelayanan yang kita berikan, maka buatlah dukungan dan pelayanan tambahan untuk memuaskan mereka. Para pemimpin perlu untuk mengidentifikasi perubahan dalam operasi, perubahan akan permintaan dan pelayanan, dengan menggunakan kemampuan analisis, dan menggali kemampuan intuitif untuk dapat mengenali tren dan menentukan apakah suatu reaksi diperlukan.

 

 

 

Nilai dan budaya global

Dewasa ini, para pelanggan, pemasok, mitra dan rekan kerja  secara global semuanya  tersebar ke pelosok dunia. Dengan demikian, para manajer perlu memahami budaya, bahkan mereka perlu merasa nyaman dan menerima perbedaan budaya sebagai fenomena substansial dalam melangsungkan kegiatan bisnis. Kunci untuk bekerja secara efektif adalah pikiran yang terbuka, kesabaran, mau mengakui dan menerima perbedaan. Jika seseorang tengah merencanakan karir dan mempersiapkan diri untuk suatu posisi kepemimpinan tertentu, maka ia harus mengembangkan kecerdasan global. Disamping itu, ia harus mengembangkan komunikasi yang baik termasuk mendengarkan dan berbagi serta mengembangkan kemampuan beradaptasi dalam daftar skala prioritasnya. Pemimpin global yang efektif cenderung bersedia untuk mendengar terlebih dahulu dan kemudian bertindak. Tentu saja mereka telah belajar bagaimana cara memotivasi para pekerja dengan latar belakang berbagai budaya. Para manajer perlu menetapkan tujuan yang jelas dan menyesuaikan gaya kepemimpinan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan  tenaga kerja yang  bekerja dengannya.

 

Keluwesan

Sesuatu yang berjalan dengan konstan pada saat ini adalah perubahan itu sendiri, dan dalam hal ini kita akan berhadapan dengan harapan baru, pergeseran prioritas, dan hubungan pelaporan yang berbeda. Peran seorang manajer tidak mudah untuk didefinisikan, mengingat tugasnya akan terus berubah. Tanggung jawab pekerjaan tidak akan sejelas dulu lagi, disebabkan adanya kebutuhan cara kerja dan organisasi yang terus berubah. Para pekerja yang mengincar posisi dan jabatan akan menjadi tidak nyaman. Para pemimpin yang berhasil perlu mengikuti arus dengan penuh kewaspadaan dan kelincahan. Kelincahan dan fleksibilitas akan tergantung pada kenyamanan dan keluwesan dalam bekerja.

 

Berani dan terus terang

Dimilikinya suatu keanekaragaman pemikiran sangat penting bagi keputusan bisnis para manajer yang sukses, namun hal tersebut perlu dibarengi dengan kemampuan komunikasi yang terbuka, terus terang dan tulus. Perilaku yang kurang terbuka   seperti menahan informasi dan berita buruk,  menghambat ide-ide cerdas, lambat dalam melakukan tindakan dan diagnosis dapat menghambat pengambilan keputusan yang baik. Pemimpin yang jujur dapat menyelamatkan organisasi dari kesalahan, dan mampu menyampaikan masukan yang baik bagi perencanaan dan pengembangan organisasi.

 

Belajar dengan tangkas

Begitu pula suatu yang konstan dalam  perubahan adalah belajar dari waktu ke waktu dalam rangka mengatasi permasalahan secara berhasil  dalam situasi atau tantangan baru. Dengan demikian para pemimpin perlu berubah sejalan dengan perubahan. Kelincahan dalam belajar akan membuat mereka tangguh dalam menghadapi suatu perubahan. Dengan sendirinya organisasi akan mempercayakan keberhasilan masa depan organisasi mereka  pada pundak para manajer yang tangkas. Terdapat bukti bahwa keberhasilan dan efektivitas jangka panjang para manajer sangat tergantung pada kesiapan dan kemampuannya untuk belajar, dan hanya dengan itu mereka dimungkinkan memperoleh perilaku baru dengan cepat dan efektif, yang pada gilirannya dimungkinkan munculnya ketahanan dan kemampuan adaptasi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close