People Innovation Excellence
 

Kepemimpinan Masa Depan [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Para pemimpin dan manajer cerdas di seluruh dunia dewasa ini telah menemukan gaya kepemimpinan yang  efektif  melalui pengaruh dan kolaborasi, dan tidak lagi menebarkan rasa takut, otoritas dan persaingan. Faktor tersebut telah  sedemikian cepat menjadi paradigma baru untuk mencapai sukses di pasar yang penuh dengan tantangan seperti dewasa ini. Kepemimpinan telah menjadi suatu  konsep yang samar, banyak kalangan tidak lagi antusias untuk memperbincangkan tentang mitos kepemimpinan karismatik, jenderal besar, politisi ulung, atau sejumlah  pebisnis terkenal. Dahulu kita sering menyimak  orang-orang yang berada pada puncak suatu organisasi yang menarik perhatian karena sepak terjang mereka.

Sebaliknya, kita perlu mengubah cara berpikir kita tentang kepemimpinan. Kepemimpinan lebih dari sekedar posisi dan jabatan dalam suatu organisasi. Kepemimpinan berada pada setiap orang di setiap sudut organisasi, yang mereka tunjukkan pada setiap hari, setiap menit dan setiap detik. Banyak orang menganggap diri mereka sebagai pemimpin karena keadaan telah menempatkan diri mereka di atas apa yang mereka lakukan. Boleh jadi posisi seseorang adalah manajer proyek, namun mereka bukanlah pemimpin dalam arti yang sebenarnya. Para pemimpin adalah mereka yang melihat peluang dan mencoba untuk meraihnya. Para pemimpin dapat melakukan penilaian dan mengambil risiko yang hati-hati. Para pemimpin dapat menciptakan budaya yang memungkinkan orang lain untuk berkembang. Para pemimpin dapat menunjukkan rasa komitmen yang mendorong orang lain untuk mengikutinya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close