People Innovation Excellence
 

Kepemimpinan Masa Depan [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Banyak pemimpin dan HR profesional melihat ke masa depan dengan keraguan. Siapa yang akan menjadi pemimpin masa depan? Apakah tenaga kerja potensial mereka siap untuk tugas kepemimpinan ke depan? Namun, ketika kita mulai menyadari bahwa kepemimpinan adalah merupakan seperangkat perilaku yang berbeda dengan posisi, jabatan atau tindakan tertentu, maka kita mulai melihat bahwa para  calon pemimpin berada di sekitar kita. Jika kita melihat melalui lensa bahwa ‘pemimpin berada di sekitar kita’, maka bangunan kepemimpinan akan menjadi jauh lebih nyata. Dengan demikian, membangun kapasitas kepemimpinan lebih merupakan upaya menyediakan kesempatan, yaitu dengan memanfaatkan orang-orang yang berada dalam organisasi kita yang memungkinkan semua kreativitas mereka  mengalir. Ada saatnya kita perlu membiarkan mereka melakukan inisiatif dan tindakan yang berbeda dengan memanfaatkan kemampuan alami mereka. Kita dapat memberi mereka seperangkat  tujuan khusus, dengan memberi keleluasaan sepenuhnya tentang bagaimana mereka menuju ke sana. Dengan menyediakan “platform” untuk prestasi, maka kita akan terkejut dengan apa yang dapat dicapai oleh tim kerja kita.

Disamping itu kita perlu memperkuat nilai-nilai perilaku yang mendasar, yang memberi kesempatan pada para pemimpin potensial untuk melakukan pekerjaan dengan baik, serta memberikan dorongan untuk tampilnya kemampuan mereka, sehingga kita akan menyaksikan para pemimpin alami bermunculan. Tentu saja,  menyiapkan program pelatihan dan pengembangan (diklat) yang sesuai dapat mendongkrak kapasitas kepemimpinan organisasi agar tumbuh dengan pesat.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close