People Innovation Excellence

Kepemimpinan Masa Depan [Bagian 5/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Pada sisi yang lain, perlu diciptakan lingkungan organisasional yang tepat yang memungkinkan orang untuk mampu meningkatkan diri, yaitu dengan mengapresiasi  perilaku yang tepat dan memanfaatkan perbedaan-perbedaan yang lahir alami dari setiap orang. Kita perlu menjauhkan diri dari definisi kepemimpinan yang luas, sehingga kita akan melihat bahwa sifat kepemimpinan berada dalam diri setiap orang. Kita perlu dengan sengaja dan serius memelihara sifat-sifat ini, dan pada gilirannya kita akan melihat kapasitas kepemimpinan tumbuh pada organisasi kita.

Sebuah studi yang berkenaan dengan pemimpin yang besar dan mumpuni, terdapat empat tugas penting dari kepemimpinan yang efektif, yakni:

1)     Memformulasikan rencana  organisasi melalui visi, misi, dan tujuan yang jelas;

2)     Menciptakan “makna” melalui komunikasi yang efektif guna  menyelaraskan organisasi  dengan visi, misi, dan tujuan yang diinginkan;

3)     Membangun kepercayaan dengan sikap yang konsekuen dan konsisten; dan

4)     Penyebaran nilai kepemimpinan kreatif yang dimulai dari dirinya sendiri ke seluruh jenjang organisasi.

 

Kepemimpinan yang besar dan mumpuni dimulai dengan mengartikulasikan tugas yang jelas yang dilandasi oleh visi, misi dan tujuan masa depan dalam suatu lingkungan organisasi yang terus berubah. Pendeknya, untuk menjadi pemimpin yang efektif, diperlukan artikulasi  visi, misi dan tujuan yang  jelas dan realistis untuk masa depan.

Tugas kepemimpinan yang penting lainnya adalah penciptaan makna bersama dalam organisasi melalui komunikasi yang jelas, dan mampu menggugah perhatian, mempertajam fokus, dan menyelaraskan organisasi. Dalam kepemimpinan, tugas komunikasi yang efektif tidak dapat di outsourcing-kan. Seorang pemimpin dituntut untuk berkomunikasi dengan jelas, dan konsisten terhadap  khalayak  dengan  tepat  dengan tujuan akhir untuk menyelaraskan organisasi sesuai dengan arah masa depan yang diinginkan. Tugas kepemimpinan berikutnya adalah membangun dukungan melalui melalui cara yang bijaksana. Seorang pemimpin hanya bisa bergerak dengan komunikasi yang efektif dan mampu menyampaikan visi, misi dan tujuannya secara artikulatif. Disamping itu, tugas kepemimpinan penting lainnya adalah penyebaran efektivitas kepemimpinan dirinya sendiri ke seluruh jenjang organisasi. Strategi ini adalah tugas yang paling halus dan sukar difahami ketimbang tugas kepemimpinan yang lainnya, selain memberikan contoh nyata tentang bagaimana kepemimpinan yang efektif dijalankan. Sebagaimana pertarungan sengit dalam kepemimpinan nasional yang tengah berlangsung saat ini, maka paparan berikut sepuluh karakteristik kepemimpinan model beta, merupakan suatu “conditio siniquanon” yang perlu dimiliki para kandidat dalam menghadapi tantangan kepemimpinan nasional ke depan. Quo vadis kepemimpinan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia kita tercinta?


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close