People Innovation Excellence

Komunikasi Dan Manajemen Konflik [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam dunia bisnis, aspek komunikasi sangat penting untuk menjalankan bisnis dengan cara yang efektif dan efisien. Setiap bisnis melibatkan dua jenis komunikasi, yakni: komunikasi eksternal yang diarahkan terhadap aktor dalam lingkungan bisnis, dan komunikasi internal atau komunikasi organisasi yang diarahkan terhadap para pekerja. Namun demikian,  tidak mungkin  membayangkan suatu komunikasi organisasi tanpa adanya konflik. Dewasa ini, konflik sering dianggap normal dalam setiap organisasi, dikarenakan setiap orang memiliki pendapat yang berbeda, maka tidak setiap orang dapat menerima perbedaan pendapat tersebut. Namun bagaimanapun organisasi yang terlalu memiliki banyak konflik tetap berbahaya, begitu juga bagi organisasi yang tidak memiliki konflik sama sekali. Oleh karena itu dalam konteks ini, kita akan fokus pada pembahasan manajemen konflik dan tentang bagaimana para manajer dan peran mereka dalam pengelolaan konflik dalam organisasi.

Adalah sulit membayangkan hubungan manusia yang baik tanpa adanya jalinan komunikasi. Dengan demikian, suatu komunikasi yang efektif sangat diperlukan, tidak hanya dalam rangka menjaga hubungan baik antar manusia semata, akan tetapi juga untuk mencapai kinerja bisnis yang baik. Disamping itu, pengalaman praktis menunjukkan bahwa tidak ada komunikasi tanpa konflik. Adakalanya konflik dapat berguna, karena hal itu dapat membantu dalam membuat keputusan yang tepat, meskipun sebagian besar orang menganggap konflik sebagai hambatan besar bagi organisasi  bisnis.  Komunikasi adalah transfer informasi dari pihak pengirim ke pihak penerima, yang didalamnya tersirat bahwa pihak penerima mengerti akan pesan tersebut. Dalam hal ini  termasuk juga mengirim dan menerima pesan melalui berbagai simbol.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close