People Innovation Excellence

Komunikasi Dan Manajemen Konflik [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Komunikasi organisasi merupakan elemen kunci dari iklim organisasi.  Komunikasi organisasi adalah proses dimana individu merangsang makna dalam pikiran orang lain melalui pesan verbal atau nonverbal. Dalam komunikasi yang efektif dan efisien penerima pesan diharapkan mengerti makna pesan dan menunjukkan kepada pengirim pesan sejumlah reaksi yang diharapkan. Setiap organisasi harus mengaktifkan komunikasi ke berbagai arah, yakni komunikasi ke bawah, komunikasi ke atas, komunikasi horisontal dan komunikasi diagonal. Komunikasi ke bawah mengalir dari manajemen puncak kearahpara bawahan atau para pekerja. Jenis komunikasi ini adalah karakteristik dari organisasi dengan gaya manajemen otoritatif. Komunikasi ke atas mengalir dari para pekerja kearah manajemen menengah atau puncak. Fungsi utama dari komunikasi jenis ini adalah untuk menginformasikan terhadap manajemen menengah atau puncak tentang  situasi yang terjadi pada tingkat hirarki organisasi yang lebih rendah. Komunikasi ini merupakan cara terbaik bagi manajemen puncak untuk menganalisis efisiensi komunikasi ke bawah dan komunikasi organisasi pada umumnya. Komunikasi horisontal mengalir diantara para pekerja dan departemen pada tingkat hirarki organisasi yang sama. Hal ini memungkinkan terselenggaranya koordinasi dan integrasi kegiatan departemen yang terlibat dalam tugas-tugas yang relatif mandiri. Sedangkan komunikasi diagonal mengalir di antara para pekerja, yang tidak berada pada tingkat organisasi yang sama dan tidak berada dalam hubungan langsung dalam hirarki organisasi. Jenis komunikasi ini jarang digunakan dan biasanya hanya suplemen atau pelengkap dari jenis komunikasi lainnya. Komunikasi diagonal bisa digunakan, misalnya ketika serikat buruh mengorganisir pertemuan langsung antara para pekerja dan manajemen puncak, untuk menembus hambatan hirarkis,baik pada tingkat bawah maupun  menengah.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close