People Innovation Excellence

Komunikasi Dan Manajemen Konflik [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Banyak faktor yang mencegah para pekerja untuk berkomunikasi langsung dan terbuka, sehingga akibatnya terjebak oleh situasi konflik dengan risiko tinggi. Jika para manajer mampu menerapkan komunikasi langsung dengan timing yang tepat, maka suatu konflik dapat dihindari, dan dampaknya dapat diminimalkan. Konflik terjadi hampir setiap hari dan mengelola konflik dengan baik adalah elemen kunci keberhasilan organisasi. Konflik adalah fakta kehidupan dan jika para manajer mampu memahami sejauh mana dampaknya terhadap efektivitas kerja, maka mereka dapat membuat konflik menjadi bermanfaat dan mampu menggunakannya untuk mencapai kinerja yang lebih baik. Sejauh ini konflik dipandang sebagai suatu proses dimana seorang  pekerja sengaja membuat upaya untuk mencegah upaya pekerja lain dengan tindakan yang berlawanan, agar pekerja tersebut menjadi frustasi sehingga ia dapat mencapai tujuannya atau memenuhi kepentingannya. Konflik organisasi dapat terjadi, jika seorang aktor melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan para pekerja atau rekan kerja lain, baik dalam jaringan mereka sendiri, maupun dengan anggota organisasi lainnya. Konflik juga dapat dikonseptualisasikan sebagai suatu proses interaktif yang diwujudkan dalam bentuk ketidakcocokan, perselisihan, atau disonansi didalam atau di antara entitas sosial, baik individu, kelompok, organisasi dan lain sebagainya. Terdapat beberapa jenis konflik organisasi, yakni :

  • Konflik vertikal, dan hal ini terjadi karena atasan selalu memberi perintah dan pengawasan searah pada para pekerja apa yang harus dilakukan, sementara inisiatif dan partisipasi para pekerja kurang dihargai. Jenis konflik vertikal juga dapat terjadi dikarenakan struktur organisasi terlalu memiliki jenjang  formalitas  yang tinggi;
  • Konflik horisontal, dan hal initerjadi diantara sesama para pekerja pada departemen yang sama dan pada tingkat hirarki yang sama. Konflik ini bisa muncul karena berbagai alasan, seperti adanya idedan kepentingan yang berbeda yang berhubungan dengan alokasi dan/ atau relokasi  sumber daya;
  • konflik jalur staf, dan hal ini terjadi antara staf pendukung dan para pekerja dalam suatu departemen atau organisasi; dan
  • Konflik peran, dan hal ini muncul berawal dari pemahaman tidak lengkap atau keliru dari tugas yang diberikan kepada para pekerja pada saat tertentu.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close