People Innovation Excellence

Komunikasi Dan Manajemen Konflik [Bagian 8]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Fungsi manajemen konflik ditujukan untuk pemecahan konflik, bukan untuk mengurangi, menghilangkan atau membatasi durasinya semata. Artinya bahwa setiap organisasi harus memiliki strategi makro, untuk mengurangi konsekuensi negatif dari konflik. Dalam bisnis modern, manajemen konflik memerlukan beberapa perubahan dalam pendekatannya. Organisasi modern memerlukan strategi makro organisasional yang benar-benar dapat mengurangi dampak dari konflik negatif, sekaligus memanfaatkan dimensi konstruktifnya guna memberikan kontribusi bagi pembelajaran dan keberhasilan organisasi. Dengan demikian, proses manajemen konflik kompatibel sepenuhnya dengan diagnosa makro. Unsur yang paling penting dalam pengelolaan konflik adalah pengakuan akan kasus permasalahannya. Hanya dengan pengakuan atas kasus permasalahan dengan tepat, yang memungkinkan  intervensi efektif dapat dilakukan. Dalam tahap ini, perlu diketahui sejumlah konflik dalam organisasi, sekaligus mengeksplorasi hubungan antara konflik afektif dan substansinya serta mengeksplorasi strategi yang digunakan oleh para manajer dan para pekerja dalam memecahkan berbagai konflik demikian. Masalah yang paling penting adalah mengetahui penyebab konflik. Setelah dilakukan diagnosa yang tepat, maka mudah untuk mencari tahu penyebab dari konflik,  dan apakah suatu intervensi  diperlukan. Suatu intervensi diperlukan jika terlalu banyak kasus konflik afektif sedangkan kasus konflik substantifnya sangat kurang. Terdapat dua jenis intervensi,yakni pendekatan proses dan pendekatan struktural, yakni:

  • Pendekatan proses. Pendekatan ini mengasumsikan mengubah intensitas konflik dan gaya penanganan konflik. Melalui pendekatan ini, para manajer mencoba untuk mencocokkan gaya penanganan konfliknya terhadap situasi yang berbeda; dan
  • Pendekatan struktural. Pendekatan ini mengasumsikan peningkatan efektivitas organisasi dan perubahan desain organisasi. Dalam hal ini, pengelolaan konflik dilakukan dengan mengubah persepsi intensitas konflik di berbagai tingkatan organisasi.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close