People Innovation Excellence
 

Dimensi Gaya Kepemimpinan [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Ada banyak cara untuk melihat kepemimpinan dan banyak interpretasi tentang maknanya. Kepemimpinan bisa ditafsirkan secara sederhana, misalnya seperti mengambil hati orang lain agar mengikutinya, atau “mendapatkan dukungan dari orang lain untuk melakukan suatu hal dengan suka rela,” dan bahkan bisa ditafsirkan secara lebih spesifik, misalnya sebagai “penggunaan wewenang dalam pengambilan keputusan”. Kepemimpinan juga mungkin dapat didasari oleh fungsi kepribadian, atau dapat dilihat sebagai kategori perilaku. Hal ini juga dapat dilihat dari segi peran pemimpin dan kemampuan mereka untuk mencapai kinerja yang efektif melalui orang lain. Meskipun pengertian kepemimpinan telah banyak dibahas, namun masih saja tetap bersifat kontroversial. Misalnya, pendapat pakar kepemimpinan Warren Bennis yang menganggap bahwa kepemimpinan yang efektif tidak mungkin ada tanpa keterlibatan inisiatif, dan kerjasama dari para pekerja. Dengan kata lain, seseorang tidak bisa menjadi pemimpin besar tanpa pengikut yang besar. Pakar kepemimpinan lainnya, Barry Posner, menganggap bahwa diperlukan perubahan cara pandang tentang kepemimpinan bisnis. Pada masa lalu, para pelaku bisnis percaya bahwa seorang pemimpin tak ubahnya seperti kapten kapal. Dewasa ini kita melihat bahwa para pemimpin harus benar-benar menjadi manusia. Mereka harus membangun hubungan, harus tegas, dan hadir di tengah-tengah para pekerja. Artinya, pemimpin perlu menjadi bagian dari apa yang terjadi, dan tidak terlepas dari apa yang akan terjadi. Salah satu indikator dan prediktor dari kepemimpinan sejati adalah kemampuan seseorang untuk menemukan makna dari peristiwa negatif dan bahkan mampu belajar dari keadaan yang paling sulit dan merugikan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close