People Innovation Excellence

Dimensi Gaya Kepemimpinan [Bagian 10/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Keempat gaya dasar diatas menunjukkan gaya kepemimpinan yang berbeda. Gaya kepemimpinan seseorang adalah sama dengan suatu pola perilaku, yang termanifestasikan untuk mempengaruhi kegiatan anggota tim kerja yang lain. Gaya kepemimpinan seseorang melibatkan beberapa kombinasi dari “perilaku tugas” dan “perilaku hubungan”. Kedua jenis perilaku ini cukup penting dalam konsep kepemimpinan, dengan pengertian sebagai berikut:

  1. Perilaku Tugas. Adalah sejauh mana para pemimpin cenderung mengatur dan menentukan peran anggota tim kerja mereka dan menjelaskan apa dan kapan masing-masing tugas harus dilakukan, termasuk juga dimana dan bagaimana tugas-tugas tersebut harus diselesaikan. Para pemimpin ini akan berusaha membangun pola organisasinya dengan baik, membuka saluran komunikasi, dan bagaimana cara-cara untuk melakukan tugas atau pekerjaan; dan
  2. Perilaku Hubungan. Adalah sejauh mana para pemimpin cenderung mempertahankan hubungan pribadi diantara mereka sendiri dan tim kerja dengan membuka, serta memberikan dukungan sosial-emosional, mendengarkan dengan aktif, dan memfasilitasi hubungan tersebut dengan baik.

Dengan demikian, efektivitas para pemimpin akan tergantung pada tingkat kompatibilitas dan adaptabilitas gaya kepemimpinan mereka terhadap situasi di mana mereka bertugas. Oleh karena itu, efektivitas kepemimpinan akan sangat tergantung pada kedua dimensi model kepemimpianan diatas, yakni dimensi tugas dan dimensi hubungan antar pribadi. Last but not least, perlu disadari bahwa perbendaharaan kepustakaan para pemimpin kita, baik di kancah dunia bisnis maupun di sektor non bisnis lainnya, kurang memanfaatkan berbagai pandangan para pakar kepemimpinan yang cukup tersedia pada berbagai jurnal dan buku acuan yang dapat diakses melalaui interaksi “online” maupun “ofline”. Viva Kepemimpinan Indonesia Tercinta.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close