People Innovation Excellence

Dimensi Gaya Kepemimpinan [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Stephen P. Robbins menyatakan bahwa kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi suatu kelompok orang ke arah pencapaian tujuan. Sumber “pengaruh” kepemimpinan ini mungkin bersifat formal, seperti deskripsi tugas dalam suatu organisasi. Dalam hal ini posisi kepemimpinan manajemen diperoleh berdasarkan otoritas dan tugas formal dalam organisasi. Otoritas formal diperlukan mengingat organisasi membutuhkan kepemimpinan dan manajemen yang kuat untuk optimalisasi efektivitas. Dalam dunia yang dinamik seperti saat ini, suatu organisasi memerlukan kepemimpinan untuk menghadapi tantangan status quo, menciptakan visi dan misi masa depan, dan untuk menginspirasi anggota organisasi agar mampu mencapai visi dan misi tersebut. Dengan demikian, seorang pemimpin harus mampu membayangkan masa depan dan mampu menginspirasi anggota organisasi sekaligus mampu memetakan arah perjalanan organisasi. Pemimpin harus menanamkan nilai etik, baik berkenaan dengan kualitas, keterbukaan, dan tingkat pengambilan risiko yang akan dinilai oleh para pekerja dan para pelanggan. Karenanya seni kepemimpinan harus mampu menggabungkan ketiga unsur berikut ini menjadi bersenyawa, yakni:

  1. Kemampuan untuk menggunakan kekuatan dan kekuasaan secara efektif dan bertanggung jawab;
  2. Kemampuan untuk memahami bahwa manusia memiliki kekuatan motivasi yang berbeda pada waktu dan situasi yang berbeda; dan
  3. Kemampuan bertindak untuk mengembangkan iklim yang kondusif, tanggap dan membangkitkan semangat kerja (esprit de corps).

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close