People Innovation Excellence
 

Dimensi Gaya Kepemimpinan [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Unsur lainnya untuk menjalankan kepemimpinan yang dianggap efektif adalah: unsur pertama, adalah otoritas. Otoritas adalah hak formal dari seseorang untuk memerintah orang lain dan menegakkan kepatuhan. Suatu kepatuhan dapat diperoleh dengan berbagai cara, bisa melalui persuasi, sanksi, permintaan, paksaan, kendala, atau kekuatan. Dengan otoritas yang dimilikinya, seseorang dapat mempengaruhi aktivitas atau perilaku orang lain, baik secara individual maupun secara kelompok. Unsur kedua, adalah dimilikinya pemahaman mendasar dari seorang pemimpin untuk memilih orang yang tepat pada pekerjaan yang tepat. Dalam hal ini seorang pemimpin perlu memahami teori tentang motivasi, memahami berbagai jenis kekuatan memotivasi, sifat dari sistem motivasi, dan yang lebih penting adalah dapat menerapkan pengetahuan tersebut kepada para pekerja pada situasi yang berbeda. Seorang manajer atau pemimpin setidaknya perlu mengetahui teori motivasi mutakhir dan memahami unsur-unsurnya sekaligus menyadari sifat dan kekuatan dari kebutuhan manusia dan merumuskan desain tentang bagaimana cara mengelola serta memuaskan para pekerja sehingga mendapatkan respon yang diinginkan dari mereka. Unsur ketigaadalah menginspirasi. Hal ini dapat berupa kemampuan langka dari seorang pemimpin untuk menginspirasi pengikutnya dengan memanfaatkan kemampuan mereka sepenuhnya untuk suatu kegiatan proyek. Para pemimpin jenis ini memiliki kualitas pesona dan daya tarik yang menimbulkan kesetiaan, pengabdian dan keinginan yang kuat dari pengikutnya untuk mendukung apa yang dinginkan sang pemimpin. Unsur keempat adalah iklim organisasi. Kekuatan motivasi sangat tergantung pada harapan, penghargaan yang dirasakan, jumlah usaha yang diperlukan, tugas yang harus dilakukan, dan unsur-unsur lainnya yang merupakan bagian dari lingkungan serta iklim organisasi. Kesadaran akan unsur-unsur ini telah mengundang minat penelitian yang cukup besar tentang perilaku kepemimpinan dan pengembangan berbagai teori yang bersangkutan. Perilaku kepemimpinan sebagai bidang studi psikologis berkaitan dengan kemampuan menjalin hubungan interpersonal, disamping itu tugas utama seorang manajer adalah mendisain dan memelihara lingkungan berkinerja.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close