People Innovation Excellence
 

Dimensi Gaya Kepemimpinan [Bagian 8]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam pendekatan manajerial, gaya kepemimpinan yang digunakan akan tergantung pada apa yang dirasakan tepat oleh para pemimpin dan sejauhmana manfaat yang dapat dipetiknya. Menurut Black dan Mouton para manajer mungkin beralih dari satu gaya ke gaya yang lain atau berupaya menggabungkan unsur-unsur gaya yang berbeda. Sebaliknya para manajer otokratik akan cenderung membuat keputusan sepihak, mendikte metode kerja, dan membatasi pengetahuan para pekerja tentang tujuan kerja secara utuh, selain hanya penggalan langkah kerja berikutnya yang perlu dilakukan, yang adakalanya memberikan umpan balik justru dengan suatu hukuman. Dengan kata lain, suatu perintah dalam kepemimpinan otokratik lebih mengharapkan kepatuhan dengan menggunakan mekanisme imbalan dan hukuman.

Sebaliknya, para pemimpin demokratik akan berkonsultasi dengan tim kerja berkaitan dengan tindakan dan keputusan yang diusulkan dan mendorong partisipasi dari para pekerja. Para pemimpin demokratik cenderung akan melibatkan tim kerja dalam pengambilan keputusan, dan memberi kesempatan pada tim kerja untuk menentukan metode kerja, menetapkan tujuan bersama, dan menggunakan umpan balik sebagai kesempatan untuk menimba solusi dan/atau resolusi yang tepat. Gaya kepemimpinan laissez faire umumnya memberikan kebebasan penuh terhadap tim kerja, menyediakan bahan-bahan yang diperlukan, dan memberikan kebebasan terhadap tim kerja untuk berpartisipasi dan menjawab sejumlah pertanyaan, dan kurang menganggap penting adanya suatu umpan-balik. Para pemimpin seperti ini sangat tergantung pada bawahan untuk menetapkan tujuan mereka sendiri dan bagaimana cara mencapainya. Para pemimpin jenis ini menganggap peran mereka sebagai bagian dalam membantu kegiatan operasional tim kerja, dengan memberikan akses informasi dan bertindak terutama sebagai penghubung kontak dengan lingkungan eksternal tim kerja. Kepemimpinan jenis lain adalah kepemimpinan partisipatif. Tugas mereka tidak hanya berkonsultasi dengan pengikut atau mempertimbangkan pendapat mereka dengan hati-hati, tetapi juga melakukan sesuatu sebisa mungkin untuk mendukung bawahan atau tim kerja dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka. Sementara kepemimpinan birokratik memiliki kepedulian yang rendah baik terhadap tugas maupun relasi-pribadi. Para manajer yang mengadopsi gaya ini lebih mengandalkan pada aturan dan prosedur kerja untuk mengendalikan situasi kerja.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close