People Innovation Excellence
 

Dimensi Gaya Kepemimpinan [Bagian 9]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Model pendekatan jalur tujuan adalah gaya kepemimpinan yang paling dapat diandalkan dalam praktik kepemimpinan. Gaya kepemimpinan ini dikembangkan oleh Robert House, dimana teori jalur-tujuan ini adalah merupakan model kepemimpinan kontijensial yang mendorong elemen-elemen kunci dari gaya kepemimpinan yang perlu dipadukan. Menurut teori jalur-tujuan seorang pemimpin seyogyanya membantu tim kerja untuk mencapai tujuan mereka dan memberikan dukungandan arah yang diperlukan untuk memastikan bahwa tujuan mereka kompatibel dengan tujuan keseluruhan tim kerja atau organisasi. Istilah jalur-tujuan berasal dari keyakinan bahwa pemimpin yang efektif dapat memperjelas jalur atau arah yang membantu tim kerja untuk mencapai tujuan mereka dan dapat mengayunkan langkah sekaligus mengatasi hambatan dengan relatif mudah. Terdapat empat jenis perilaku kepemimpinan jalur tujuan, yakni:

  1. Perilaku direktif. Perilaku ini bertujuan untuk memberitahu tim kerja tentang apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Para pemimpin akan menunjukkan tujuan tim kerja dan kinerja apa yang harus dicapainya. Perilaku kepemimpinan direktif akan melibatkan bawahan untuk mengetahui apa yang diharapkan oleh para pimpinan, memberikan bimbingan tentang metode kerja, mengembangkan jadwal kerja, mengidentifikasi standar evaluasi kerja, dan menunjukkan dasar bagi hasil atau imbalan;
  2. Perilaku Suportif. Perilaku suportif akan ditujukan melalui hubungan yang hangat dan ramah terhadap tim kerja dan memahami minat mereka sebagai manusia. Melalui perilaku suportif, para pemimpin akan menunjukkan kepekaan terhadap kebutuhan pribadi anggota tim kerja. Melalui perilaku ini, seorang pemimpin tidak hanya hangat dan ramah, akan tetapi juga menampilkan kepedulian terhadap kebutuhan dan kesejahteraan para anggota tim kerja;
  3. Perilaku Partisipatif. Perilaku partisipatif bertujuan mencari saran dari tim kerja mengenai tugas-tugas operasional bisnis dalam pengambilan keputusan organisasi yang utama;
  4. Perilaku Yang Berorientasi Pada Prestasi. Kepemimpinan berorientasi prestatif ini akan menetapkan tujuan yang menantang bagi tim kerjanya, dan akan mencari perbaikan dalam meraih kinerja mereka serta menunjukkan kepercayaan diri tentang kemampuan tim kerja untuk melakukan berbagai tugas dengan baik.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close