People Innovation Excellence
 

Kepemimpinan Politik Berkelas [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Teramat menarik untuk dikaji ulang lebih mendalam pada saat itu adalah seputar perbedaan nuansa corak warna zaman dalam proses kemunculan para pemimpin politik, terutama antara region orde lama yang lebih membanggakan dimensi politik sebagai panglima, dengan region orde baru yang mengkampanyekan ekonomi – bisnissebagai panglima, bagi keberlangsungan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Boleh dikatakan, di era orde lama para pemimpin politik banyak bermunculan tanpa katrolan, dan dimulai dengan bergesekan dari bawah serta mengasah potensinya setapak demi setapak hingga kemudian menduduki posisi puncak.

Sedangkan di era orde baru, justru tersirat dan tersurat sebaliknya, dimana hampir sebahagian proses kemunculan para pemimpin keagamaan, bisnis, pendidikan, ketentaraan, sosial, kemahasiswaan dan tentunya juga pentas perpolitikan – baik di jalur formal maupun nonformal – tidaklah berkristal secara normal. Pemerintah pada momen itu, senantiasa berperan serta mengupayakan suatu perekayasaan, baik langsung maupun terselubung, dalam menentukan dan melapangkan jalan bagi naik daunnya figur-figur yang disiapkan ke permukaan untuk menjadi pemimpin di beragam komunitas atau organisasi publik dan bahkan bisnis, termasuk partai politik (misalnya melalui Lemhanas) serta mengiringi lahirnya para tokoh yang menjadi para politisi di era reformasi dewasa ini.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close