People Innovation Excellence
 

Kepemimpinan Politik Berkelas [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Jasa baik pemerintahan orde baru di kala itu, dalam mengkatrol kemunculan figur-figur para pemimpin di tingkat regional maupun nasional, secara instan tanpa perjuangan yang proporsional, pada akhirnya justru memunculkan politisi-politisi yang cukup memiliki kecerdasan, namun dengan struktur kepribadian yang timpang, serta acapkali menampakkan perilaku yang kurang matang, kurang sabar, kurang bertanggungjawab, dan kurang kepekaannya.

Berbeda dengan perilaku para pemimpin politisi di dunia barat, yang rata-rata menempuh perjalanan karirnya dari bawah, melewati dinding-dinding terjal percaturan politik yang sarat intrik, mengasah sensitivitas sekaligus kematangan kepribadian dirinya untuk menjadi seorang tokoh yang berkelas. Oleh karena itu, jarang dijumpai disana, ada individu yang berkehendak menjadi politikus serba mendadak melalui jalur cepat, karena disadari sepenuhnya alam manajemen perpolitikan adalah jauh lebih sulit, elastis, dan rumit ketimbang dunia bisnis yang serba pragmatik, kemiliteran yang serba taktikal, keagamaan yang serba etikal, ataupun pendidikan yang serba filosofis.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close