People Innovation Excellence
 

Kepemimpinan Politik Berkelas [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Wajarlah kemudian, dengan memahami perbedaan seting makro sosial yang nampak bertolak belakang antara region orde baru dan region orde lama itu, jika kemudian sejarah di masa ‘Revolusi Belum Selesai’ telah mencatat begitu banyak bermunculan figur-figur kepemimpinan di lingkaran elit komunitas politik – bahkan semenjak zaman revolusi kemerdekaan – dimana sedari muda usia mereka sudah menunjukkan bakat dan totalitas kepribadian diri mereka selaku individu yang cerdas dan berkelas – yang mana seringkali membuat pihak penjajah Belanda maupun Jepang, jengah, terpana, dan tak berkutik lagi, taktala berhadapan muka dengan mereka-.

            Dampak keorganisasian yang langsung terasakan dari hadirnya kepemimpinan politik yang kurang berkelas ini, adalah tumbuh kembangnya kerancuan langkah-langkah manajerial organisasi politik yang lebih mengedepankan perilaku manajemen taktikal (yang berfikir dan bertindak untuk kepentingan lokal jangka pendek semata) ketimbang manajemen strategikal (yang bertindak untuk mengutamakan kepentingan nasional dan jangka panjang). Sehingga tak mengherankan jika di kemudian hari kita hanya disuguhi manuver-manuver politik gampangan dan terlalu transparan, yang dengan jelasnya terpampang tirai motivasi material-finansial semata, dibalik dendang skenario moralitas yang tengah didengungkan di medanmedia massa.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close