People Innovation Excellence

Kepemimpinan Politik Berkelas [Bagian 6]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Semenjak reformasi bergulir, rasanya di pentas perpolitikan Indonesia tidak pernah sedikitpun disaksikan lahirnya manajemen berpolitik yang cantik, unik, dan berkelas. Yang nampak hanya titian langkah yang serba tergesa-gesa, instan, saling menghujat serta seolah-olah diri mereka yang paling pantas memimpin negeri ini, berkomentar asal-asalan, tanpa pemikiran mendalam, semena-mena menuding segala kesalahan terhujam pada pihak yang berlawanan, dan hilanglah genderang motivasi berprestasi seiring bergemuruhnya motivasi meraih dan/atau mempertahankan kekuasaan dengan cara apapun juga.

Kondisi semacam ini akanmengarahkan persepsi masyarakat awam dalam menilai mereka sebagai politisi gagal dan lebih kurang berkelas (tidak lebih baik) ketimbang figur-figur kepemimpinan di masa silam. Wajarlah jika ‘zaman normal pembangunan lepas landas’ pada masa orde baru kembali terngiang di sanubari banyak orang dan diimpikan segera datang kembali mengusir kelelahan, kejenuhan dan kecemasan, menunggu perbaikan kesejahteraan yang tak kunjung datang, terkecuali hanya pada segelintir orang di pentas perpolitikan yang hinggap mendemonstrasikan gaya hidup berkecukupan di tengah-tengah membengkaknya pengangguran, tingginya tingkat inflasi dan menurunnya indeks pembangunan manusia (IPM) kita yang semakin memalukan harkat dan martabat bangsa dimata warga dunia.

Terlalu menyalahkan para pimpinan dan politisi sekarang ini sebagai biang kegagalan bergulirnya orde reformasi, tentunya bukanlah tindakan arif-bijaksana; karena perilaku mereka pun yang egoistik seperti itu sesungguhnya lahir akibat dari hasil rekayasa psikososial pada zaman silam. Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah-langkah kolektif pada saat pemilihan presiden segera mendatang ini agar menyadarkan perspesi para pemimpin dan politisi berikut organisasi publik yang menaunginya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close