People Innovation Excellence

Kepemimpinan Politik Berkelas [Bagian 7/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Mereka harus mulai berbenah diri, saling introspeksi, untuk menata kembali jati diri tatanan perilaku individualnya maupun kepribadian kolektifnya, sebelum kekecewaan masyarakat memuncak dengan menolak kehadiran mereka selaku politisi dan calon presiden pilihan yang didambakannya dan bahkan mereka harus berupaya menghindari sindrom big style.

Perilaku kepemimpinan politik yang berkelas – belajar dari para politikus zaman ‘normal’ dulu– lazimnya akan mengejawantah pada individu yang rata-rata berkarakteristik: sangat menyadari keterbatasan potensi yang ada pada dirinya, rendah hati, satunya kata dan perbuatan, menghargai kaum perempuan, memegang teguh komitmen lisan maupun tertulis, menghayati posisi dan peran apa yang layaknya akan dijalani secara proporsional, jujur, berdisiplin, bersahaja, pekerja keras, cerdas, dan berani berkorban tanpa merasa beban. Gelegar sang politikus berkelas yang teramat langka di negeri ini, mudah-mudahan akan bersemai pula diantara jutaan jiwa anak bangsa, menuntun langkah bumi nusantara tercinta menggapai cita-cita, bergegas melaju, bahu-membahu menjadi satu Bhineka Tunggal Ika.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close