People Innovation Excellence
 

Urgensi Kreativitas Dalam Proses Manajemen Bisnis [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Proses kreativitas intensif melibatkan lumbung kreativitas sebagai elemen penting dari proses bisnis yang secara langsung berkaitan dengan keberhasilan dan inovasi organisasi, dan sebaliknya dapat juga menyebabkan masalah, khususnya bagi para pengelola proses bisnis. Pada saat mengelola proses kreativitas yang intensif, maka perlu dibedakan dua perspektif utama, yakni analisis jenjang tugas dan analisis jenjang proses. Perspektif jenjang tugas berkaitan dengan pertanyaan tentang bagaimana lumbung kreativitas dapat ditandai dan didukung. Sebaliknya, perspektif jenjang proses perlu melihat proses bisnis secara keseluruhan. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, bahwa keberadaan tugas kreatif dalam proses bisnis secara signifikan akan mempengaruhi proses bisnis secara keseluruhan. Oleh karena itu, strategi apa yang dapat diterapkan untuk menghadapi tantangan yang muncul dari adanya tugas kreatif dalam proses bisnis tersebut. Hal lain yang sangat penting adalah tentang bagaimana mengalokasikan sumber daya – baik pada jenjang tugas maupun jenjang proses – pada proses industri film yang memiliki baik tugas kreatif maupun tugas non-kreatif. Katakanlah dalam pengembangan urutan animasi, para pengelola proses bisnis akan memutuskan sumber daya apa yang diperlukan, baik anggaran, peralatan, maupun kreativitas individu, yang perlu dialokasikan untuk tugas apa. Mereka akan berurusan dengan situasi yang cukup kompleks, yakni pertama, mengidentifikasi di mana tugas-tugas kreatif yang sebenarnya berada dalam suatu proses bisnis, dan bagaimana mereka mengintegrasikannya kedalam suatu proses bisnis. Kedua, meningkatkan kreativitas (jenjang tugas), yakni setelah tugas dapat diidentifikasi, para pengelola proses bisnis dapat meningkatkan kualitas produk kreatif sebagai output inti dari tugas itu. Pertanyaannya kemudian adalah perlukah para pekerja kreatif tersebut saling bertatap muka? Perlukah diselenggarakan sesi brainstorming? Perlukah disediakan akses ke basis pengetahuan? Jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut tergantung pada karakteristik tugas kreatif, diantaranya siapa yang terlibat dan jenis tugas kreatif apa yang diperlukan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close