People Innovation Excellence
 

Urgensi Kreativitas Dalam Proses Manajemen Bisnis [Bagian 5/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Mengelola kreativitas perlu menjadi bagian yang integral dari proses manajemen bisnis (PMB). Terdapat beberapa langkah yang perlu diintegrasikan kedalam proses bisnis, yakni:

1)     Identifikasi tugas-tugas kreatif dan tugas-tugas non-kreatif utama. Dalam hal ini perlu ditandai keterampilan apa yang dibutuhkan, siapa yang terlibat, apa komunikasi yang dibutuhkan, dan apa dampak kreatif pada proses keseluruhan bisnis;

2)     Analisis jenjang tugas. Analisis jenjang tugas berfokus pada analisis kinerja manusia dengan konsentrasi khusus pada bagaimana kinerja kreatif dapat didukung. Berbeda dengan tugas yang berbasis pengetahuan konvensional, dalam lumbung kreativitas berpikir divergen memainkan peranan penting. Para pengelola proses bisnis seyogyanya pandai memutuskan dalam menyesuaikan antara kreativitas dengan jenjang tugas.Dalam hal ini, kebebasan kreatif dari para pekerja dapat mengubah produk dan/atau proses. Produkkreatif biasanya ditandai dengan melakukan penyesuaian atau menciptakan hal yang sama sekali baru, dan hal ini penting dalam kaitannya dengan kualitas output ;

3)     Proses analisis berjenjang. Proses ini dilakukan untuk memberikan dukungan yang tepat berkaitan denganaspek komunikasi, proses redesain dan perbaikan, dan sekaligus melakukan review dan proses persetujuan dan sebagainya; dan

4)     Monitoring. Sebagaimana model proses daur hidup konvensional, proses kreativitas yang intensif memerlukan monitoring dan prosedur pengendalian.

Dengan demikian, kreativitas bukan hanya menjadi prasyarat untuk suatu inovasi melainkan juga adalah faktor keunggulan kompetitif inti dalam organisasi kontemporer. Kreativitas mempengaruhi proses bisnis dan mempengaruhi bagaimana cara kita melakukan proses manajemen bisnis (PMB). Diatas telah dijelaskan skenario khas tentang bagaimana memanfaatkan dampak kreativitas terhadap proses manajemen bisnis (PMB). Selain itu, telah disajikan tentang keputusan dan strategi yang berlaku dalam organisasi, khususnya ketika harus memadukan fenomena kreativitas dalam meningkatkan proses kinerja dan kualitas produk kreatif. Sudah saatnya kita melihat secara lebih dekat peran yang dimainkan para pekerja kreatif dalam proses bisnis dan bagaimana hal tersebut dapat dikelola. Teknik pemodelan dari perangkat lunak dan praktek manajemen dapat mendukung beberapa aspek penting dalam konteks ini. Namun, sampai saat ini belum ada pendekatan yang lebih komprehensif tentang bagaimana mengelola kreativitas dari perspektif proses bisnis. Melalui tulisan kolom ini, landasan sebagai bahan diskusi telah disampaikan, khususnya tentang proses kreativitas yang intensif dalam proses manajemen bisnis (PMB). Tindak lanjut dan pengembangan dari tema yang diketengahkan ini, akan sangat bergantung pada sejauhmana para pelaku bisnis di negara kita memiliki kemauan dan komitmen yang kuat untuk menyerap fenomena kreativitas ini kedalam berbagai terobosan baru bisnisnya, baik dalam menghadapi tantangan pasar di tingkat lokal, internasional, regional dan bahkan global. Quo vadis kreativitas?


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close