People Innovation Excellence
 

Menata Demokrasi Ke Depan [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Partai politik adalah organisasi yang menghubungkan kepentingan rakyat dengan pemerintah. Mereka merekrut kandidat dan melakukan kampanye untuk menduduki jabatan publik, sehingga mereka perlu memobilisasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam memilih pemimpin pemerintahan. Partai mayoritas berusaha untuk memberlakukan sejumlah kebijakan dan program yang berbeda kedalam hukum. Sementara Pihak oposisi bebas untuk mengkritik ide-ide kebijakan partai mayoritas dan boleh menawarkan proposal mereka sendiri. Partai politik yang demokratis diharapkan memiliki iman terhadap prinsip-prinsip demokrasi sehingga mereka mengakui dan menghormati kewenangan pemerintah terpilih bahkan ketika para pemimpin partai mereka tidak berkuasa. Partai politik mencerminkan keragaman budaya, kepentingan ekonomi, atau kesamaan dalam sejarah mereka. Semua partai politik yang demokratis, apakah kecil atau koalisi nasional yang besar, akan berbagi nilai kompromi dan toleransi. Mereka sadar, hanya dengan aliansi dan kerjasama yang luas maka partai-partai politik dapat memberikan kepemimpinan dan visi bersama yang akan memenangkan dukungan rakyat se luas-luasnya. Dengan demikian, dalam negara demokrasi, perjuangan partai politik bukanlah perjuangan untuk bertahan hidup, akan tetapi kompetisi untuk melayani rakyat.

Berbeda dengan pemerintahan diktator, maka keberadaan pemerintahan yang demokratis adalah untuk melayani rakyat, sebaliknya warga negara dalam pemerintahan demokrasi perlu mematuhi peraturan dan kewajiban dimana mereka berada. Demokrasi memberikan banyak kebebasan bagi warga negara termasuk kebebasan untuk berbeda pendapat dan mengkritik pemerintah. Warga negara dalam negara demokratis mengakui bahwa mereka tidak hanya memiliki hak, akan tetapi mereka juga memiliki tanggung jawab. Dalam pemerintahan demokratis, partisipasi masyarakat atau warga negara diwajibkan untuk mengemban tugas sebagai juri, atau dalam keadaan tertentu mengikuti wajib militer. Kewajiban lainnya dari warga negara adalah memberi penghormatan terhadap hukum, membayar pajak dan mengakui otoritas pemerintah terpilih. Warga negara yang demokratis seyogyanya mengetahui bahwa mereka harus menanggung beban tanggung jawab masyarakat, jika mereka ingin mendapatkan keuntungan dan perlindungan atas hak-hak mereka. Agar demokratisasi dapat berhasil, warga negara harus aktif dan menyadari bahwa keberhasilan atau kegagalan pemerintah adalah tanggung jawab mereka, dan tidak terletak pada pundak orang lain. Begitu juga sebaliknya, para pejabat pemerintah perlu memahami bahwa semua warga negara harus diperlakukan sama, dimana praktik suap atau korupsi tidak akan memiliki tempat dalam pemerintahan yang demokratis. Warga negara dalam sistem demokratis bisa bebas memilih bergabung dengan partai politik dan berkampanye untuk calon pilihan mereka. Mereka juga harus bersedia menerima kenyataan bahwa partai mereka tidak selalu akan berkuasa. Mereka dapat memanfaatkan kebebasan pers untuk mengangkat isu-isu lokal dan nasional. Mereka juga dapat bergabung dengan serikat pekerja, kelompok masyarakat, dan asosiasi bisnis, serta LSM untuk menyampaikan kepentingan mereka baik di bidang agama, budaya, etnis, studi akademik, olahraga, seni, sastra, perbaikan lingkungan, pertukaran mahasiswa internasional, maupun berbagai kegiatan komunitas yang berbeda lainnya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close