People Innovation Excellence

Menata Demokrasi Ke Depan [Bagian 6]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Hukum memiliki banyak sumber, seperti konstitusi tertulis, undang-undang dan peraturan, ajaran agama dan etika serta tradisi budaya. Dengan demikian hukum harus dapat melindungi hak-hak dan kebebasan warga negara, yakni:

  • Bahwa warga negara memiliki kedudukan yang sama di bawah hukum;
  • Warga negara harus dilindungi dari penangkapan sewenang-wenang dan tidak masuk akal dari tempat tinggal mereka disertai penyitaan milik pribadinya;
  • Warga negara yang didakwa dengan kejahatan, berhak atas persidangan yang cepat dan umum, sekaligus diberi kesempatan untuk menghadapi dan mempertanyakan tuduhan atau dakwaan terhadap mereka. Sekalipun terbukti bersalah, mereka tetap dikenakan hukuman yang adil dan tidak kejam; dan
  • Melindungi warga negara dari pemaksaan, pelecehan, atau penyiksaan dari aparat penegak hukum.

Semua manusia dilahirkan dengan hak-hak asasinya. Hak Asasi Manusia (HAM) dibentuk untuk memberdayakan masyarakat atau warga negara dalam mengejar kehidupan yang lebih bermartabat. Dengan demikian, suatu kebebasan dibangun atas dasar keadilan, toleransi, harga diri, dan rasa hormat – terlepas dari suku, agama, politik, atau status sosial – yang memungkinkan setiap orang untuk mengejar hak-hak dasar tersebut. Sebaliknya, suatu kediktatoran telah menyangkal hak asasi manusia untuk mencapai masyarakat yang lebih bebas. Hak asasi manusia saling bergantung dan tak terpisahkan, hal tersebut mencakup sejumlah aspek eksistensial manusia secara sosial, politik, dan ekonomi. Dengan demikian, semua orang harus memiliki hak berpendapat dan mengekspresikan diri mereka secara individual atau dalam suatu majelis secara damai. Masyarakat bebas membuat “banyak gagasan” dan bertukar pandangan tentang sejumlah isu. Semua orang harus memiliki hak berpartisipasi dalam pemerintahan. Dengan demikian, pemerintah harus membuat undang-undang yang melindungi hak asasi manusia, sementara sistem peradilan dan penegakkan hukum berjalan secara merata di semua tempat. Warga negara memiliki kebebasan dari penangkapan sewenang-wenang, penahanan, dan penyiksaan, dalam statusnya sebagi etnis minoritas, atau bahkan sebagai penjahat biasa, merupakan hak dasar manusia. Institusi kepolisian perlu menghormati hukum yang berlaku dan melindungi semua warga negara dari penyalahgunaan kekuasaan. Warga negara bebas untuk menggunakan bahasa dan mempertahankan tradisi mereka tanpa adanya rasa takut akan tuduhan dari mayoritas penduduk. Dalam hal ini, pemerintah harus mengakui hak-hak minoritas dan tetap menghormati kehendak mayoritas. Begitu juga, semua orang harus memiliki kesempatan yang sama untuk bekerja, mencari nafkah, dan menghidupi keluarga mereka. Para anak-anak berhak mendapat perlindungan khusus. Mereka berhak mendapatkan pendidikan, nutrisi yang tepat, dan kesehatan. Untuk menjaga hak asasi manusia, warga negara dapat menyalurkan tanggung jawabnya melalui berbagai kegiatan partisipatif, dan memastikan bahwa pemerintah tetap bertanggung jawab kepada rakyat. Setiap keluarga dalam suatu negara memiliki komitmen pada perlindungan hak asasi manusia. Mereka memformalkan komitmennya melalui sejumlah perjanjian hak asasi manusia yang berlaku dalam skala internasional dan universal.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close