People Innovation Excellence

Menata Demokrasi Ke Depan [Bagian 7]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Para pemimpin pemerintahan yang demokratis menjalankan roda pemerintahan dengan persetujuan dari warga negara mereka. Para pemimpin seperti ini memiliki pemerintahan yang kuat dan bukan karena dukungan militer atau kekayaan ekonomi, namun karena mereka menghormati mandat yang diberikan oleh para pemilih dalam suatu pemilihan umum yang bebas dan adil. Melalui pemilihan umum yang bebas, warga negara memberikan kekuasaan kepada para pemimpin mereka yang didefinisikan oleh hukum. Dalam demokrasi konstitusional suatu kekuasaan akan dibagi, sehingga lembaga legislatif akan membuat undang-undang untuk itu. Dalam demokrasi konstitusional, kewenangan eksekutif umumnya dibatasi dengan tiga cara, yakni: dengan sistem checks and balances dengan memisahkan kekuasaan eksekutif, legislatif, dan kekuasaan yudikatif (kehakiman). Kekuasaan juga dibagi di antara pemerintahan pusat dan daerah, serta jaminan hak-hak dasar konstitusional. Pada tingkat pusat atau nasional, kekuasaan eksekutif dibatasi oleh kewenangan konstitusional yang berada di tangan legislatif dan lembaga peradilan yang independen. Otoritas eksekutif dalam demokrasi modern umumnya diselenggarakan oleh salah satu dari dua cara sebagai berikut, yakni: sistem parlemen atau sistem presidensial. Dalam sistem parlementer, partai mayoritas di lembaga legislatif biasanya membentuk anak cabang eksekutif pemerintah yang dipimpin oleh seorang perdana menteri. Dalam sistem parlementer, kekuatan legislatif dan eksekutif tidak sepenuhnya berbeda satu dengan lainnya, karena perdana menteri dan anggota kabinet diambil dari parlemen. Dalam sistem tersebut, partai oposisi berfungsi sebagai sarana utama untuk membatasi, atau memeriksa kewenangan eksekutif. Dalam sistem presidensial, presiden dipilih secara terpisah dari anggota legislatif. Dalam sistem ini, baik presiden maupun legislator memiliki basis kekuatan mereka sendiri dengan basis konstituen mereka, yang berfungsi untuk memeriksa dan menyeimbangkan antara satu dengan lainnya. Dalam hal ini pemerintah mungkin lambat untuk mencapai kesepakatan tentang isu-isu nasional, namun ketika sampai pada suatu putusan para pemimpin dapat bertindak dengan kepercayaan diri dan kewenangan yang besar.

Wakil terpilih dalam sistem demokrasi dapat duduk sebagai anggota parlemen, anggota DPR, atau kongres untuk melayani rakyat. Mereka melakukan sejumlah peran penting dalam fungsi demokrasi yang sehat. Para anggota legislatif terpilih berada dalam suatu forum untuk pembahasan, perdebatan, dan mengesahkan undang-undang dalam demokrasi perwakilan. Tentunya hal ini berbeda dengan parlemen stempel karet yang hanya menyetujui keputusan pemimpin otoriter.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close