People Innovation Excellence

Mengelola Perubahan [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Change is the law of life, and those who look only to the past or present are certain to miss the future.”

John F. Kennedy

 

 

Harapan akan adanya angin kencang perubahan di Indonesia – terutama di kalangan generasi muda – kelihatannya semakin hari semakin kuat. Perjuangan generasi muda untuk mengusung salah seorang capres pada pilpres kemarin ini, menunjukkan bahwa perubahan merupakan suatu hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Jargon kampanye dengan tema “revolusi mental” telah menjadi idiom yang menarik bagi kalangan anak muda. Tampilnya tokoh-tokoh muda seperti Anies Baswedan dan tokoh-tokoh muda lainnya telah menyemarakan suasana pemilihan presiden kali ini dengan tensi yang relatif sangat kuat. Sebaliknya, bagi mereka yang merasa kecewa dengan jalannya reformasi yang tidak mengindikasikan keadaan atau situasi hari esok yang lebih baik, mendesak hadirnya seorang pemimpin yang kuat dan tegas untuk mengangkat prestise bangsa ini di kawasan Asia, sehingga muncullah jargon “macan asia”, suatu jargon yang pernah muncul pula di era Soeharto. Namun dengan jatuhnya pemerintahan Soeharto waktu itu, maka keinginan untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu macan Asia ini pupus sudah. Sang capres lainnya, rupanya mafhum ada keinginan bawah sadar masyarakat yang ingin kembali kemasa “keemasan” era Soeharto sehingga merasa iklan “macan Asia” ini bisa laku dipasarkan. Faktanya kedua kekuatan yang mendukung masing-masing capres berjumlah hampir seimbang. Pada hakekatnya, dari masing-masing kekuatan yang ada menginginkan terjadinya suatu perubahan dari apa yang terjadi pada pemerintahan saat ini. Namun apakah hakekat perubahan itu sendiri? Dibalik gegap gempitanya “isu perubahan” dalam skala masyarakat, bangsa dan negara dalam kancah organisasi publik, sebetulnya perubahan justru lebih cepat terjadi pada organisasi bisnis. Karena dunia bisnislah yang kesehariannya menghadapi tantangan dinamika lingkungan persaingan dan ketidakpastian masa depan mereka. Boleh jadi isu perubahan dalam skala nasional lebih terinspirasi oleh tuntutan perubahan dari sektor dan para pelaku bisnis. Maka dalam konteks ini kita akan mengkaji perubahan dari sisi organisasi bisnis.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close