People Innovation Excellence

Mengelola Perubahan [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Perubahan adalah benang merah yang berlaku dalam dunia bisnis terlepas dari usia, ukuran dan skala suatu industri. Para pelaku bisnis menyadari bahwa dunia tengah berubah dengan cepat, dan dengan demikian organisasi bisnis harus berubah dengan cepat pula. Organisasi yang menangani perubahan dengan baik akan berkembang, sementara mereka yang tidak menangani perubahan dengan baik akan sulit bertahan hidup. Konsep “manajemen perubahan” sudah sangat akrab di telinga kebanyakan para pelaku bisnis saat ini. Pertanyaannya, bagaimana bisnis mengelola perubahan – seberapa sukses mereka dalam hal ini – sangat bervariasi tergantung pada sifat bisnis, perubahan itu sendiri dan pihak-pihak yang terlibat. Bagian penting dari hal ini tergantung pada seberapa jauh orang di dalamnya memahami proses perubahan. Salah satu model landasan untuk memahami perubahan organisasi bisnis telah dikembangkan oleh Kurt Lewin yang teorinya masih relevan sampai saat ini. Model Lewin dikenal dengan “pencairan, perubahan dan pembekuan”, yang mengacu pada proses tiga tahap perubahan. Kurt Lewin, sebagai seorang ahli fisika sekaligus ilmuwan sosial, mencoba menjelaskan perubahan organisasi dengan menggunakan analogi perubahan pada es balok.

Dengan adanya tahapan proses dalam perubahan, maka kita perlu mempersiapkan diri membuat rencana transisi bagi masa yang akan datang sebelum melompat pada suatu kancah perubahan. Seringkali orang masuk ke kancah perubahan dengan membabi buta yang berdampak pada terjadinya suatu kekacauan. Untuk memulai proses perubahan yang berhasil, kita perlu mulai dengan pemahaman terlebih dahulu tentang mengapa perubahan harus terjadi. Seperti Kurt Lewin katakan, “motivasi perubahan harus jelas terlebih dahulu sebelum perubahan dapat dilakukan. Kita perlu mengkaji kembali banyak asumsi tentang berbagai pola hubungan dan interaksi antar manusia didalamnya”, upaya ini penting untuk memulai suatu perubahan dalam tahap pencairan (unfreezing).


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close